Mohon tunggu...
Travel Pilihan

#studidampak // Yuk, mengenali Desa Nglanggeran Yogyakarta

25 Juni 2018   21:50 Diperbarui: 28 Juni 2018   17:02 980 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
#studidampak // Yuk,  mengenali Desa Nglanggeran Yogyakarta
Sumber: pribadi

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak tujuan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hamparan pegunungan yang asri dan menawan sebagai tujuan wisata alam yang selalu memikat dan mendatangkan pengunjung wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Wisata menjelajahi alam sedang menjadi trend saat ini. Banyak wisatawan mancanegara maupun domestik sengaja berkunjung ke sebuah daerah untuk menikmati keindahan alam sekaligus menemukan keunikan budaya lokal masyarakat setempat. Aktivitas wisata pun tak lagi sebatas memenuhi kebutuhan rekreasi tetapi untuk studi lapangan dari kampus seperti saya (lumayan kan penelitian sekaligus refreshing hehe) selain itu dapat memberikan nilai lebih baik dari segi lingkungan, ekonomi dan sosial budaya.

Wisata alam seperti apa sih yang kamu inginkan? Apakah yang bisa live in, camping, outbound, menikmati sunset dan sunrise, climbing dan raffling, bisa untuk tempat penelitian, tracking, fliying fox, jelajah alam, wisata budaya dan ritual? Bagaimana jika semua itu bisa di dapatkan di satu tempat? Pasti akan sangat menyenangkan , bukan? 

Semua itu bisa ditemukan di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Bagi yang belum tahu lokasi Gunung Api Purba, letak Desa sangat strategi yang berada ditengah- tengah kota besar yaitu kota Yogyakarta dan Wonosari. Lokasi Desa dan aksesbilitas dapat dicapai melalui jalan raya yang sudah cukup baik juga mempermudahkan para wisatawan untuk datang. 

Desa wisata Nglanggeran yang terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta memiliki pemandangan yang asri dan epik yang dilengkapi oleh Gunung Api Purba. Di kawasan geosite ini ada beberapa spot wisata, mulai dari Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung Nglanggeran, Air Terjun Kedung Kandang, hingga Kampung Pitu.

Penasaran gak asal mula desa Nglanggeran? Penasaran kan pastinya, berikut ceritanya...

Dahulu Nglanggeran hanyalah desa terpencil pengekspor TKI, namun kini masyarakat kembali ke desa untuk membangun desa wisata Nglanggeran. Desa Nglanggeran yang dinobatkan sebagai desa wisata terbaik ASEAN tahun 2016 juga menjadi destinasi wisatawan saat berkunjung ke Gunung kidul, Daerah Istemewa Yogyakarta.  Desa ini mempunyai beberapa destinasi seperti curug kedung kadang, kampung pitu, dan  2 unggulan destinasi yaitu Ekowisata Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran. 

Selain itu di Desa wisata ini mempunyai program "live in" yaitu kegiatan menginap serta melakukan aktivitas di desa Nglanggeran. Lewat progam live in ini wisatawan bisa berinteraksi langsung seperti melakukan kegiatan atau mengikuti pekerjaan masyarakat sehari- hari lakukan.

Di Desa Nglanggeran terdapat kegiatan- kegiatan masyarakat yang bisa kita pelajari loh sekaligus aktifitas ini juga merupakan mata pencaharaian dari masyarakat itu sendiri seperti kerajinan- kerajinan yang terbuat dari janur sehingga menjadi bentuk- bentuk seperti ketupat, keris, dll.

Sumber:pribadi
Sumber:pribadi
Bertani disawah juga kami ikuti mulai dengan belajar membajak, menanam padi.

Sumber:pribadi
Sumber:pribadi
Sumber:pribadi
Sumber:pribadi
Belajar budidaya pohon coklat kakao dan memerah susu etoa (susu kambing) dari proses pengolahan hingga menjadi makanan dan minuman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN