Mohon tunggu...
Vina Puspitasari
Vina Puspitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN TIM II UNDIP 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Konsumsi Suplemen Kesehatan Berlebihan di Masa Pandemi? Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Solusi

2 Agustus 2021   10:25 Diperbarui: 2 Agustus 2021   10:32 113 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konsumsi Suplemen Kesehatan Berlebihan di Masa Pandemi? Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Solusi
Pelaksanaan Program KKNย 

Semarang (02/08/2021) - Saat pandemi seperti ini, suplemen kesehatan menjadi barang buruan bagi masyarakat. Masyarakat berbondong-bondong untuk membeli suplemen kesehatan di Apotek. Namun pengetahuan masyarakat masih minim megenai penggunaan suplemen kesehatan, masih ada masyarakat yang mengonsumsi suplemen kesehatan secara berlebihan. Hal inilah yang mendorong Vina Puspitasari (20) Mahasiswa KKN UNDIP dari Program Studi Farmasi FK UNDIP untuk memberikan edukasi mengenai pemilihan dan penggunaan suplemen kesehatan yang bijak pada masa pandemi COVID-19.

Poster Suplemen Kesehatan
Poster Suplemen Kesehatan

Suplemen kesehatan adalah produk yang dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, memelihara, mempunyai nilai gizi dan/atau efek fisiologis, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan ,mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino yang dapat dikombinasi dengan tumbuhan.

Suplemen kesehatan dapat dikonsumsi apabila tubuh kekurangan vitamin atau mineral tertentu. Sebenarnya vitamin dan mineral dapat diperoleh secara alami dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Jika kita sudah makan dengan gizi yang cukup seperti yang dianjurkan, maka konsumsi suplemen sebenarnya tidak perlu.

Pelaksanaan webinar KKN di wilayah RW 06 Pedalangan
Pelaksanaan webinar KKN di wilayah RW 06 Pedalangan

Edukasi dilakukan secara online pada Sabtu (31/07/2021) melalui webinar series yang diadakan oleh Tim KKN UNDIP dengan target warga RW 06 Kelurahan Pedalangan. Kegiatan webinar diawali dengan penjelasan oleh mahasiswa KKN mengenai sistem imun, upaya meningkatkan sistem imun, tips memilih suplemen kesehatan, contoh suplemen kesehatan yang dapat dikonsumsi untuk memelihara daya tahan tubuh beserta batas penggunaan dalam suplemen kesehatan, dan suplemen kesehatan yang dapat dikonsumsi pada saat seseorang terinfeksi COVID-19.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Warga RW 06 Pedalangan sangat antusias dalam sesi ini dibuktikan dengan banyak pertanyaan yang ditanyakan oleh warga. Rata-rata warga menanyakan mengenai efek samping penggunaan suplemen kesehatan, keamanan konsumsi suplemen kesehatan jangka panjang, suplemen kesehatan yang dapat dikonsumsi setelah seseorang sembuh dari COVID-19. Diskusi berjalan sangat baik antara mahasiswa KKN dan warga RW 06. Kegiatan webinar diakhiri dengan sesi dokumentasi.

Penempelan poster di Balai RW 06 Pedalangan bersama Ibu RW
Penempelan poster di Balai RW 06 Pedalangan bersama Ibu RW

Tidak hanya edukasi melalui webinar, pada Minggu (01/08/2021) Mahasiswa KKN UNDIP juga menempel poster mengenai Pemilihan dan Penggunaan Suplemen Kesehatan yang Bijak pada Masa Pandemi COVID-19 di Balai RW 06 bersama Ibu RW. Hal ini diharapkan warga RW 06 lainnya juga dapat membaca sewaktu-waktu informasi dalam poster tersebut dan dapat mengetahui cara bijak mengonsumsi suplemen kesehatan. Mahasiswa KKN juga membagikan paket yang berisi brosur mengenai suplemen kesehatan, contoh suplemen kesehatan yang dapat dikonsumsi, hand sanitizer, dan juga masker pada warga RW 06. Diharapkan hal ini dapat bermanfaat bagi warga dan brosur yang dibagikan bisa lebih memudahkan warga karena dapat sewaktu-waktu dibaca baik di rumah maupun di luar rumah. ย 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x