Siapa di sini yang belum pernah nongkrong di coffee shop ternama satu ini? Konon katanya ya, kalau kalian belum pernah ke coffee shop ini , kalian belum dianggap sebagai anak millenial loh! Anak millenial pasti sudah tahu nih nama coffee shop yang akan kita bahas sekarang . Yup! Benar, namanya yaitu "STARBUCKS".
Bisa dianggap bukan anak millenial, karena apa? Ya, karena starbucks sudah ditetapkan sebagai coffee shop yang berlabel internasional dan dinobatkan sebagai "coffee shop yang paling populer di dunia" untuk saat ini.Â
Di era yang sudah semakin modern ini, bukan hal yang mudah bagi sebuah coffee shop untuk menjaga kualitas produk mereka demi memuaskan para pelanggan setianya yang selalu menunggu varian baru lagi dan lagi.Â
Terlebih lagi untuk coffee shop yang sudah dikenal oleh masyarakat luas baik itu dalam negeri maupun mancanegara. Salah satunya yaitu Starbucks. Kedai kopi yang harus menjaga nama baik dan reputasi sebagai coffee shop terbesar di dunia. Wow!
Nama Starbucks coffee pun bisa terbentuk di tahun 1987, saat itu Starbucks dijual kepada salah seorang yang bernama Howard Schultz. Suatu hari, ketika Howard sedang berjalan- jalan di Milan, Ia melihat kedai kopi dengan bar expresso nya banyak dikunjungi oleh para pelanggan. Dari situlah Howard terinspirasi menjual berbagai macam minuman coffee.
Jika biasanya seiring berjalannya waktu banyak coffee shop yang gulung tingkar karena semakin banyaknya pula caffee baru yang muncul, tetapi itu tidak menghalangi bagi coffee shop satu ini .Usaha Starbucks dalam mempertahankan kualitas dan terjaminnya produknya, sangat membuahkan hasil yang memuaskan.
Dilansir dari The Daily Meal, untuk saat ini di sebuah majalah bisnis, yang bernama Fortune, telah menobatkan Starbucks sebagai perusahaan coffee shop makanan dan minuman yang paling banyak dikagumi di seluruh belahan dunia dengan starbucks menempati urutan kelima. Sungguh hebat bukan? Daftar ini telah disusun menurut survey dan penelitian dari reputasi perusahaan tersebut di seluruh negara di dunia.
Mulai tahun ini pula, Starbucks juga  membuka program pendidikan yang diberi nama yaitu, "Starbucks Coffee Master Program". Starbucks tidak berhenti di situ saja, coffee shop ini  juga berhasil berkontribusi dengan baik untuk membantu misi kemanusiaan di negara Afrika. Kemudian, dengan penuh rasa semangat , pihak starbucks bekerja sama dengan mitra usaha ritel yang dimiliki oleh seorang vokalis band rock U2 yaitu Bono.
Nah! Saat tahun 2002,untuk cabang pertama Starbucks yang ada di Indonesia dibuka dengan total kedai menjadi 5.886 tempat. Selanjutnya, Starbucks memasuki ruang lingkup yang lebih besar tentunya pihak coffee shop ini membuat perjanjian lisensi bersama organisasi Fair Trade nasional. Perjanjian ini berisi tentang kesepakatan bahwa coffee shop Starbucks ini hanya akan menjual coffee- coffee yang bersertifikat Fair Trade di negara-negara yang saat itu Starbucks tempati dan menjalankan bisnis coffeenya.Â
Pilihan coffee shop dunia, Starbucks memang menjadi tempat nongkrong paling mudah dan lengkap untuk kita melepas sejenak beban pikiran dan berbincang santai, terlebih lagi caffee ini menjual berbagai minuman dengan berbagai variasi lainnya. Karena Starbuck mempunyai menu yang lengkap dan banyak, terkadang kita sendiri suka bingung pesan coffee apa di Starbucks. Iya kan? Pasti jawabannya iya!Â
Di coffee shop Starbucks ini biasanya membagi menu minumannya dalam empat kategori Loh! Ada expresso beverages, brewed coffee, teavanas, dan blended beverages. Berbagai minuman coffeenya bisa kalian temukan dalam kategori espresso beverages, brewed coffee, dan blended beverages.
Di dalam kategori expresso beverages terdapat pilihan minuman mulai dari latte, macchiato, cappucino. Semua berasal dari ekstraksi biji kopi yang diproses dengan mesin bertekanan tinggi yang disajikan secara cepat (express). Sementara brewed coffee adalah minuman yang berbahan dasar bubuk kopi hitam yang dituang menggunakan air panas atau air dingin. Pada blended beverages awalnya hanya terdapat Frappuccino itu adalah perpaduan kopi dengan es yang diblend, tapi untuk sekarang ini, kalian juga dapat memesan minuman dingin non coffee dan coffee based.
Cara menghitung tingkat popularitas Starbucks itu bagaimana? Caranya dengan melihat mention dari foto maupun lokasi yang diunggah pelanggan Starbucks.Fortune sendiri rutin setiap tahunnya merilis daftar perusahaan terbaik di dunia. Baik di bidang kuliner, teknologi, atau sebagainya.
Tepat pada tanggal 19 Januari kemarin, majalah yang berasal dari Amerika itu telah mengumumkan untuk daftar 680 perusahaan terbaik dari 52 industri yang berbeda.Â
Taukah kalian berapa total Starbuck di negara kita ini? Di Indonesia, coffee shop ini ada sebanyak 200 lebih gerai. Maka dari itu  Starbucks dinobatkan (melalui voting) sebagai brand yang paling berpengaruh di sosial media. Ada yang wajib digaris bawahi selama perjalanan coffee shop ini yaitu mereka tetap dalam satu pedoman dan tidak pernah goyah meski trend coffee terus silih berganti. Itu yang membuat coffee ini sampai sekarang masih berdiri tegak dengan popularitasnya yang mendunia.
Starbucks sendiri meraih 2,4 juta mention di social media dalam 'Top 100 Brands in Social Media Worldwide 2013' dari PQ Media/uberVU kemarin (16/04/13). Di posisi kedua dan ketiga terdapat Burger King dan McDonald's dengan mention  2,3 juta.Â
Untuk kategori restoran berhasil menghasilkan perbincangan terbanyak di social media dan mendapatkan skor 338. Merk-merk minuman menempati posisi kedua dengan skor 223.Dan kategori paling bawah ada teknologi konsumen ada Apple, Google, dan Samsung dengan nilai 178.
Selama 16 tahun Starbucks berhasil mempertahankan posisinya dalam daftar perusahaan global dan meraih peringkat tertinggi di antara perusahaan lainnya dengan menu makan dan minumnya yang beraneka ragam terutama minuman coffee yang banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia,Â