Mohon tunggu...
Vito SZ
Vito SZ Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Bermain badminton

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menjadi Penegak Garuda

30 September 2022   13:35 Diperbarui: 30 September 2022   13:55 73 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat itu sebelum aku menjadi Pramuka Penegak Garuda aku ragu-ragu sekali. aku disiang hari yang panas sedang berdiam diri dibawah pohon rindang dengan angin yang sejuk,tiba tiba aku mendapatkan chat dari pembina pramuka (Kang Toni) namanya."assalamualaikum,semuanya anak-anak ayo harus ikut jadi penegak garuda,nanti kaka mengadakan kumpul untuk membahas ini",aku yang dapat chat dari group itu lumayan kaget juga,karena memang mendadak pemberitahuannya itu.

Selang waktu berjalan,tepatnya dihari jumat ambalan mengadakan kegiatan kumpul rutinan. setelah itu kang toni pun datang untuk membahas penegak garuda."kalian aja ayok yang kelas 12 cocok jadi penegak garuda,tuh udah keliatan dari penampilannya juga oke...,nanti kaka yang nyiapin berkas berkasnya kalian tinggal bawa sku dan tkk kalian kalo ada sertifikat kepramukaan boleh ke kakain dulu lumayan biar nambah nilai supaya lolos administrasinya". 

Kami kelas 12 hanya bisa pasrah karena ini juga sepertinya mengejar program kwarcab jadi kapan lagi ada penegak garuda di Kabupaten Bandung Barat,ini itu moment yang jarang sekali ada sekalinya ada pasti hanya di kota kota dan kabupaten lainnya.

Dan aku pun mulai bertanya tentang penegak pramuka garuda "penegak garuda itu kaya gimana sih kak?" Aku bertanya ke alumni yang sudah lulus sekolah dan sudah dilantik jadi penegak garuda. kata beliau (Kak novi) namanya,"wahh hebat nyalonin pramuka garuda nih hehehe,gini to kamu harus bisa 13 poin poin tentang penegak garuda hafalin itu semua nanti pasti bakal ditanya tanya tentang itu dan baju kamu kaya tanda tanda yang ada di baju kamu pasti nanti juga itu di tanya kaya TKK(tanda kecakapan khusus) dan tanda penghargaan lainnya juga,sok Semangat brader" aku pun terkejud dan menjawab "Waduhhh...gimana nih kak disidangnya deg degan enggak?"

 Kak novi said "enggak tenang aja rileks,sok kamu pasti bisa to semangat jawab aja sebisa kamu,makannya kamu hapalin dulu 13 poin itu atau baca baca aja sama try satya dan dasa dharma harus hapal masa aja gak hapal mah nanti malu maluin,sok semangat yaa!" Aku pun menjawab "siap kak makasih banyak ya kak,kaka juga semangat kuliahnya",beliau masuk IPB di bogor itu berkat jalur prestasi penegak garuda oleh sebab itu ini event di pramuka hanya ada beberapa kali dalam 3 tahun, jadi tidak boleh di sia siakan oleh aku.

Beberapa hari setelah itu Hari H pun dimulai.


Aku beserta rombongan dari SMAN1PADALARANG mendatangi Kwarcab tepatnya di cisarua lembang untuk seleksi penegak garuda. setelah sampai disana terdapat anggota anggota pramuka Se kabupaten Bandung barat,aku pun bersalaman dengan mereka dan saling sapa untuk berkenalan,aku mendapatkan banyak teman teman baru yang akan ikut test seleksi penegak garuda.

Setelah itu kami semua di beri arahan untuk memulai test/sleksi,lolos/tidak nya menjadi penegak garuda.
Testpun di mulai masing-masing dari kami ditanya satu persatu tentang kepramukaan dimulai dari tanda pengenal dan TKK dan lain hal sebagainya,kami semua di beri pertanyaan oleh pelatih dari kwaran cililin
"Vito Sebastian Z...dari mana dapat TKK siskamling dan Gerak jalan Serta bercocok tanam,gimana itu ceritanya bisa utama?" Dan aku pun menjawab "siap kak,izin menjawab,saya mendapatkan ini saat itu ada program dari saka wanabakti yang dimana ketika saya melakukan program budidaya tanaman bermanfaat di rt03 rw30 

nah,jadi di kak disetiap rumah warga itu kami kasih polybag dan benih tanaman bermanfaat seperti cabai,pakcoy,kangkung darat untuk di pelihara oleh warga sekitar dan kami pun sambil memonitoring(mengontrol/mengecek) jika ada yang layu kami siram jika ada yang mati kami ganti. ini itu kami lakukan dengan bergantian setiap 1 minggu sekali untuk memonitoring. 

nah jadi kami disini langsung menjadi utama TKK bercocok tanam dan TKK siskamling,nah kalau untuk TKK gerak jalan kami dari  Ambalan setiap ada kegiatan acara atau apa pun itu kami seperti biasanya jalan kaki tanpa menggunakan kendaraan,kurang lebih 5kilometer jaraknya itu untuk mencapai TKP kami berangkat melalui jalan biasa nah kalau pulang kami memutar rute jalannya jadi enggak lewat jalan yang sama seperti tadi berangkat. Seperti itu kak" kak pelatih pun menjawab "wawww...keren jugaa ya ini patut di contoh untuk kita semua yaa,bagus bagus".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan