Travel

Jembatan Terpanjang se-Asia Tenggara

16 Mei 2019   13:06 Diperbarui: 17 Mei 2019   05:10 25 2 1
Jembatan Terpanjang se-Asia Tenggara
Suspension Bridge (1)

Jalan-jalan di alam sambil memancing adrenalin, Jembatan Situ Gunung di Sukabumi dapat menjadi pilihan. Jembatan ini bernama 'Suspension Bridge' yang merupakan jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara yang kini menjadi tempat wisata alam baru untuk dikunjungi di Sukabumi. Jembatan ini memiliki panjang 243 meter, lebar 18 meter, dan tinggi 161 meter yang dapat menampung 40-50 orang. Lokasi tempat wisata ini berada di kampong Pasanggrahan, Desa Gede pangrango, Kecamatan Kadudampit.  Untuk melewati jembatan ini, harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 50.000-, lalu harus menempuh perjalanan berbatu ke arah jembatan yang tidak terlalu jauh. Dalam perjalanan menuju jembatan tidak akan terasa lama  jika perjalanan dilalui bersama keluarga dan teman-teman. Track jalannya berbatu seperti track perjalanan gunung, sehingga lebih baik memakai sepatu agar kaki tidak mudah tergelincir saat melintasi bebatuan.

            Ditengah perjalanan ke arah jembatan, kita akan diberi coffe break gratis berupa singkong rebus dan teh hangat untuk mengganjal perut di dalam perjalanan, juga terdapat restauran yang lumayan besar untuk porsi keluarga dimana menu makanannya khas tradisional dari sunda. Pemandangan alam yang bisa dilihat dari restauran ini sangat cantik, sehingga kita bisa menikmati pemandangan alam Situgunung sembari menyantap makanan khas sunda. Dari lokasi restauran sudah cukup dekat untuk menempuh perjalanan ke jembatan.

Sensasi di Jembatan

Saat sampai di jembatan, kita harus mengantri untuk memakai tali pengaman yang dipakai saat melintasi jembatan. Jembatan ini memiliki jaring-jaring besar disampingnya agar pengunjung dapat melihat pemandangan alam secara bebas. Saat menapaki jembatan, harus hati-hati karena jembatan ini sangat mudah bergoyang-goyang dikarenakan banyak pengunjung yang berlalu-lalang dan berfoto-ria di tengah-tengah jembatan. Ketika sedang melintasi jembatan, tak hanya memacu adrenalin saja, para pengunjung juga dimanjakan dengan adanya pemandangan pepohonan rindang dengan udara yang sejuk. Untuk yang memiliki phobia ketinggian, disarankan harus didampingi dengan orang terdekat, dikarenakan pemandangannya cukup tinggi jika dilihat ke bawah jembatan.

Biaya yang ditaksir untuk pembuatan jembatan ini sebesar Rp. 4 milyar, hal itu sepadan karena dengan adanya jembatan ini, akan semakin menarik minat wisatawan untuk terus berkunjung.

Suspension Bridge (2)
Suspension Bridge (2)

Jembatan di Situ Gunung