Mohon tunggu...
Vicky Laurentina
Vicky Laurentina Mohon Tunggu... Food blogger Indonesia

Saya melakukan food blogging di http://vickyfahmi.com.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Betulkah Tidurnya Orang Puasa adalah Ibadah?

29 April 2021   03:25 Diperbarui: 29 April 2021   03:34 772 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Betulkah Tidurnya Orang Puasa adalah Ibadah?
Tidur ketika puasa. Sumber: Dokumen pribadi

Karena pelajaran agama waktu sekolah seringkali masuk telinga kiri telinga kanan, maka kadang penyerapan pelajaran agama juga dangkal.

Salah satu pelajaran yang paling sering diingat teman-teman saya adalah, "Bulan puasa itu saking mulianya, maka tidurnya orang puasa itu juga termasuk ibadah."

Sebab memang ada hadits yang berbunyi seperti ini, "Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni" (HR Baihaqi).

Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/119510/maksud-hadits--tidur-orang-berpuasa-adalah-ibadah-

Merayakan Tidurnya Orang Puasa Adalah Ibadah

Dulu, di awal saya bekerja, saya tercengang mendapati kantor-kantor di pedesaan biasa mempercepat jam pulang kantor di bulan puasa.

Saya terheran-heran, kenapa orang kok disuruh pulang lebih awal? Padahal kalau jam kerjanya tetap seperti biasa, kan tugas-tugas organisasi kantor bisa selesai secara efektif efisien?

Ternyata, jawabannya, adalah supaya orang-orang kantor bisa bobok siang di rumah masing-masing. Karena, dasar usulannya, tidur siang itu adalah ibadah.

Mengapa Harus Pulang Lebih Cepat?


Situasi seperti ini membuat saya paham mengapa performa orang-orang jadi pada menurun ketika bulan puasa. (Dan ironisnya, ini membuat sebagian orang berharap bulan puasa segera berakhir.)

Sebab di bulan puasa, kantor-kantor non-swasta yang terbiasa pulang lebih cepat, sehingga banyak urusan tidak selesai lantaran antrean administrasi yang lebih lama. Operasional para kantor cenderung berkurang.

Kantor menyuruh pegawainya pulang untuk segera tidur siang. Sebab tidurnya orang puasa adalah ibadah. Sesuai hadits.

Padahal saya merasakan bahwa bulan puasa seharusnya membuat performa kerja efisien. Karena tak perlu ada pengurangan jumlah jam kerja akibat jam makan siang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x