Mohon tunggu...
vicky aurelia
vicky aurelia Mohon Tunggu... Pelajar

Halo!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Among Us dan Globalisasi? Apa Hubungannya?

12 November 2020   22:01 Diperbarui: 21 Februari 2021   09:49 547 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Among Us dan Globalisasi? Apa Hubungannya?
Diolah sendiri dengan Photoshop.

Seringkah kalian mendengar seseorang ditegur dengan kata-kata “kamu ini, selalu saja bermain handphone!”

Memang di era teknologi ini, semuanya dihubungkan dengan gadget yang kita miliki. Mau laptop ataupun smartphone, dari Android sampai ke Apple, kotak berlayar kaca tersebut dapat dikatakan merupakan jendela untuk melihat dunia. Dunia yang begitu luas dan penuh akan kebudayaan, apa gunanya bila tidak dijelajahi?

“Fenomena dunia berwajah banyak,” sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia. Itulah globalisasi.

Saat memikirkan tentang hubungan antarbangsa, pastinya ada interaksi antar budaya, ekonomi, politik, dan masih banyak lagi. Interaksi ini dapat dilakukan tanpa dihalangi oleh batas negara ataupun geografi. 

Lihat saja, saat mengadakan rapat pun, kami dapat berbincang-bincang dengan teman-teman kami dari negara yang berbeda. Semuanya ini dapat berlangsung oleh karena teknologi yang mendukung. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, proses globalisasi pun berlangsung dengan semakin cepat.

Dalam bidang ekonomi, globalisasi juga merupakan hal yang penting. Salah satu tujuan globalisasi di bidang ekonomi, khususnya di Indonesia, adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai contoh, mempromosikan restoran cepat saji lewat media massa, dan media elektronik juga dapat dikategorikan sebagai globalisasi ekonomi. Karena globalisasi, makanan ataupun barang yang sebelumnya tidak ada di suatu negara, pun dapat disediakan dari negara asalnya.

Sejak masa reformasi, Indonesia sudah berupaya untuk melaksanakan demokrasi yang sesungguhnya. Dari tahun ke tahun, berbagai partai politik dengan cita-citanya masing-masing semakin bertumbuh di tanah air. Lalu, bagaimana pengaruh globalisasi? Dengan teknologi informasi lewat media massa, kita dapat belajar dan mengambil hal-hal baik dari negara asing untuk dapat menyempurnakan demokrasi yang sedang dibangun saat ini. Maka, globalisasi dapat dikatakan juga berpengaruh pada bidang politik.

Selain itu, globalisasi budaya juga meningkatkan kontak lintas budaya. Dengan adanya peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa, kami kini dapat mengenal kebudayaan dari negara-negara tetangga. Di bidang musik, lagu-lagu asing dapat dengan mudah masuk dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Bahkan tayangan-tayangan televisi saja kini sudah berasal dari berbagai belahan dunia. Tak heran bila drakor atau drama korea kini begitu digemari oleh masyarakat Indonesia.

Terdapat sebuah aplikasi yang sedang trending akhir- akhir ini. Sebuah permainan dimana terdapat seorang atau lebih impostor, yaitu seseorang yang memalsukan pekerjaannya dari para crewmate atau pekerja. Aplikasi ini dikenal dengan nama Among Us.

Loh, apa hubungannya Among Us dengan globalisasi?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN