Mohon tunggu...
Via Mardiana
Via Mardiana Mohon Tunggu... Freelance Writer

Penulis Novel | Freelance Writer | Blogger | Traveller | Instagram : @viamardiana | Twitter: @viamardianaaaaa | Blog pribadi : www.viamardiana.com | Email : engineersukasastra@gmail.com atau mardianavia@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Mbizmarket, Solusi Praktis Pengadaan Barang Berbagai Skala Zaman Now

21 Mei 2019   10:43 Diperbarui: 21 Mei 2019   11:01 0 1 0 Mohon Tunggu...
Mbizmarket, Solusi Praktis Pengadaan Barang Berbagai Skala Zaman Now
Sumber : Dokumentasi pribadi

Berbicara soal pengadaan tentunya hal tersebut merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis baik skala besar maupun skala kecil. Ketersediaan barang baku dalam sebuah proses bisnis, menjadi perhatian utama pelaku bisnis. Oleh karena itu, kecepatan pengadaan barang sangat diperlukan agar proses bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Bayangkan jika sebuah proses produksi terhambat dikarenakan tidak tersedianya bahan baku. Tentu, hal ini merupakan pukulan berat bagi para pelaku usaha karena artinya tidak bisa melakukan pengadaan yang maksimal untuk menunjang proses produksi.

Proses pengadaan yang cepat sangat dibutuhkan oleh setiap pelaku usaha. Namun, terkadang dalam prakteknya ada saja yang membuat proses pengadaan terhambat. Salah satu penyebab proses pengadaan cenderung lambat karena proses administrasinya masih manual.

Padahal di zaman sekarang yang serba digital, seharusnya proses pengadaan seperti ini bisa diintegrasikan dalam sebuah system untuk mempermudah proses.

Apa itu procurement? 

Sumber : Dokumentasi pribadi
Sumber : Dokumentasi pribadi
Procurement atau pengadaan adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam mewujudkan suatu pengadaan, baik berupa barang maupun jasa. Proses ini bertujuan untuk mencari barang dan jasa yang paling sesuai, baik dalam segi kualitas maupun kuantitas, serta biaya yang ditimbulkan.

Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, para pelaku usaha harus pintar dalam mencari dan menemukan supplier yang tepat. Untuk menemukan supplier yang tepat tentu bukan hal yang mudah. Para pelaku usaha harus melakukan pencarian dengan telaten hingga menemukan supplier tepat yang dapat menunjang proses bisnisnya.

Saat ini, kebanyakan supplier yang ada hanya menerima pesanan dari perusahaan berskala besar, sehingga bisnis kecil selalu kesulitan dalam menemukan supplier yang tepat. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah system pengadaan yang bisa mengakomodir kebutuhan bisnis dengan berbagai skala dan juga membantu penyedia barang atau jasa juga untuk menjadi supplier dan mendukung proses bisnis perusahaan lainnya. Selain menerima pengadaan untuk bisnis berbagai skala, dibutuhkan juga suatu system yang membuat proses pengadaan menjadi lebih efektif dan juga dan efisien dengan system digital.

Apa itu Mbizmarket?

Sumber : mbizmarket.co.id
Sumber : mbizmarket.co.id

Berangkat dari keresahan tentang proses pengadaan barang yang hanya mengakomodir para pelaku bisnis skala besar dan juga pemanfaatan internet dalam system pengadaan untuk memangkas beberapa proses, pada tahun 2019 ini hadirlah Mbizmarket sebagai b2b marketplace untuk belanja perusahaan pertama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3