Mohon tunggu...
Ve Silvia
Ve Silvia Mohon Tunggu... Hanya penulis amatir

-

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Travelling atau Haji Muda

2 Oktober 2020   04:43 Diperbarui: 2 Oktober 2020   04:57 21 3 1 Mohon Tunggu...

Merencanakan ibadah haji sejak muda kenapa tidak walaupun di sisi lain keinginan traveling itu ada tetepi travelling dan haji dua hal berbeda dimana traveling hanya kesenangan duniawi sedangkan berhaji merupakan panggilan dari Alloh SWT .

Ibadah haji saat muda kenapa tidak , Jika telah mampu jangan ditunda  karena dengan perencanaan haji sedini mungkin juga untuk menghindari kondisi kondisi kesehatan yang riskan , Selagi muda selagi kondisi kesehatan masih baik masih masa produktif di mana masih  berpenghasilan dan mengingat antrian keberangkatan haji yang begitu lama alangkah baik jika perencanaan haji sejak usia muda sehingga ibadahpun tidak ada hambatan dari segi kesehatan atau apapun  .

Diantara ayat tentang haji juga terdapat dalam Qs.Al Baqarah :197 dimana terjemahannya adalah sebagai berikut:

"(musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah di malumi. Barang siapa mengerjakan (ibadah ) haji dalam(bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafas) ,berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah ) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan , Allah mengetahuinya . Bawalah bekal,karena sesungguhnya sebaik baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepadaku wahai orang orang yang mempunyai akal sehat !."

Selain dalam Qs.Al Baqarah ayat 197 ayat lain dalam Qs. Ali Imran ayat 97 juga membahasnya dimana terjemahanny adalah sebagai berikut :

"Di sana terdapat tanda -tanda yang jelas ,(di antaranya ) maqam Ibrahim . Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia . Dan ( di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah , Yaitu bagi orang orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana . Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji , maka ketahuilah bahwa Alloh mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam .

Ibadah haji  merupakan rukun islam ke 5,  Ibadah haji adalah kegiatan mengunjungi tanah suci dengan niat murni beribadah serta melaksanakan rukun islam dengan syarat merdeka ,Baligh , Bukan budak mampu secara materi serta kesehatan baik fisik dan mental .

Ngapainsih naik haji ? ibadah haji merupakan saat dimana kita belajar menanggalkan ego dan kesombongan  juga menanggalkan pangkat yang bersifat duniawi belajar toleransi bersikap lemah lembut  . bersatu dengan setiap golongan dari berbagai penjuru dunia tanpa memandang asal suku negara warna kulit si miskin si kaya .

Merencanakan ibadah haji di waktu muda  merupakan hal mulia , Tentunya harus didasarkan  dengan niat lurus dan murni ibadah untuk menyempurnakan rukun islam ke 5 berharap pahala dari Allah SWT tanpa adanya unsur lain , Dan di saat ini perencanaan haji muda semakin dimudahkan dengan adanya tabungan haji danamon syariah yang sangat mendukung anak muda milenial seperti saya atau kalian dalam mewujudkan impian  terbesar dalam hidup sebagai umat muslim yaitu bisa berhaji .

Dalam menjalankan ibadah haji agar menjadi haji yang mabrur hendaknya hanya meniatkan dengan ikhlas ibadah kepada Allah tanpa ada dasar apapun selain Alloh , Memenuhi atau mengikuti petunjuk ajaran Rasullullah SAW dalam menjalankan ibadah haji , Tidak menggunakan harta yang haram , Menjauhi Segala sesuatu yang di larang oleh Allah SWT baik perbuatan ataupun perkataan , Bersikap toleransi dan lemah lembut .

Namun mengenai semua semua itu tentang ibadah seseorang sah atau tidak dan di terima atau tidak hanya Allah SWT yang mampu menentukan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x