Mohon tunggu...
Verra Pamila
Verra Pamila Mohon Tunggu... Nutrition Student

give your best, let God do the rest

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN MIT DR UIN Walisongo: Webinar Peningkatan Imunitas Tubuh Melalui Pola Makan dan Manajemen Stres

10 Februari 2021   12:27 Diperbarui: 10 Februari 2021   13:29 74 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN MIT DR UIN Walisongo: Webinar Peningkatan Imunitas Tubuh Melalui Pola Makan dan Manajemen Stres
Dok. pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (KKN MIT DR), Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang gelar Webinar yang bertema "Peningkatan Imunitas Tubuh Melalui Pola Makan dan Manajemen Stress di Era New Normal", Sabtu (06/02/2021). Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui Zoom Meeting oleh KKN kelompok 34.

Webinar kesehatan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada masyarakat selama pandemi dan mulai diberlakukannya New Normal.

"Salah satu cara untuk melewati masa pandemi ini adalah dengan memiliki imunitas tubuh yang baik, salah satunya melalui pengaturan pola makan serta manajemen stress. Hal ini yang membuat KKN kelompok 34 mengadakan webinar ini sebagai salah satu upaya membantu masyarakat dalam menghadapi masa pandemi", terang Verra, Penanggung Jawab Webinar.  

Webinar ini menghadirkan dua pemateri, yang merupakan dosen UIN Walisongo Semarang, pemateri pertama Pradipta Kurniasanti, SKM., M. Gizi, beliau merupakan dosen Gizi, pemateri yang kedua Lucky Ade Sessiani, S. Psi, M. Psi, Psikolog, kedua pemateri merupakan dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), dengan cakupan peserta bersifat umum. 

"Pengaturan pola makan untuk meningkatkan imun merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan seperti konsumsi lebih banyak sayur dan buah, cukup konsumsi protein dan vitamin, selain itu juga tidur yang cukup dapat berpengaruh terhadap peningakatan imunitas tubuh." Ujar Pradipta.

"Selain dari pengaturan pola makan yang dapat berpengaruh dalam peningkatan imunitas tubuh, manajemen stres juga dapat menjadi salah satu faktor yang turut serta berpengaruh, itulah mengapa harus diperhatikan dan tidak boleh diabaikan." Papar Lucky.

"Akibat dari adanya perubahan secara mendadak pada masa pandemi menimbulkan emotional distress, strategi dalam mengelolanya dengan emotional agility, yaitu kemampuan merespon situasi sehari-hari dengan kondisi emosional yang terkendali dengan tiga poin utama, Fokus pada saat ini, Mengendalikan "Tombol Panas", dan Menghidupkan momen bahagia." Ujar Lucky.

Di akhir sesi, diberikan ruang untuk tanya jawab selama 20 menit, respon para peserta antusias dengan memberikan pertanyaan kepada kedua pemateri.

VIDEO PILIHAN