Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community' (KBC)

Menulis adalah pelarian emosi paling sexy

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Penyaluran Dana BLT DD Tahap I Berjalan Tertib di Desa Kedungoleng Kabupaten Brebes

18 Mei 2020   13:11 Diperbarui: 18 Mei 2020   13:16 50 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyaluran Dana BLT DD Tahap I Berjalan Tertib di Desa Kedungoleng Kabupaten Brebes
Penerimaan BLT DD Desa Kedungoleng | dok.Umroh

Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) di Kabuoaten Brebes serentak dilaksanakan tanggal 18-20 Mei 2020. Penyaluran ini mekanismenya diserahkan pada desa masing-masing yang penting berjalan lancar dan tertib.

Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes menganggarkan sembilan ratus sepuluh juta rupiah untuk BLT DD, yaitu tiga puluh lima persen dari dana desa yang diperoleh. Jumlah tersebut dibagikan untuk lima ratus kepala keluarga dan terbagi dalam empat kepala dusun (kadus) yang ada di situ.

Pemberian dana ini sudah berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh para relawan yang didalamnya terdiri dari tokoh masyarakat, pemuda dan para kader desa. Pemerintah desa dan ketua RT maupun RW tinggal memilah nama-nama mana yang memang belum mendapat bantuan dari sumber lain.

Antrian penerima BLT DD | dok.Umroh
Antrian penerima BLT DD | dok.Umroh

Pendataan yang dilakukan oleh masyarakat untuk masyarakat ini menjadi lebih valid sehingga tidak terjadi buruk sangka warga terhadap pemerintahan desa maupun ketua RT/RW. Pendataan yang dipantau oleh Badan Permusyawaragan Desa (BPD) ini berjalan tertib dan dilakukan secara adil serta merata sesuai aturan yang ada bagi orang yang memenuhi syarat yang berlaku.

Desa Kedungoleng membagikan dana BLT DD di pendopo balai desa dan dilakukan oleh para perangkat desa yang ada. Penyaluran ini di jadwal selama dua hari, dalam satu hari membagi untuk dua kadus. Sehingga penerima yang datang tidak berdesakan dan mengikuti protokol keselamatan Covid-19.

Salah seorang penerima manfaat | dok.Tanto
Salah seorang penerima manfaat | dok.Tanto

Penerimaan sejumlah uang enam ratus ribu rupiah ini langsung diterimakan pada orang yang terdaftar dalam data. Dengan membawa tanda pengenal seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK). Penyaluran dana ini juga di dukung oleh para anggota BPD dan ikut hadir juga memantau jalannya penyaluran bantuan.

Pemberian BLT DD di rasa sangat bermanfaat bagi masyarakat pada masa pandemi ini karena banyak yang tidak memiliki penghasilan karena dampak covid-19. Semoga dana yang diperoleh bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dalam mempertahankan kesehatan diri menghadapi pandemi.

KBC-26 Brebes Jateng

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x