Mohon tunggu...
Vera Nisrina Prawesti
Vera Nisrina Prawesti Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG

Saya percaya bahwa setiap anak memiliki potensi unik yang perlu dipupuk dengan cinta, dukungan, dan kesempatan yang tepat. Sejak saya memulai karier saya sebagai seorang guru, saya telah berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada kehidupan siswa-siswi saya, memotivasi mereka untuk belajar dengan gairah dan meraih impian mereka. Di samping pengalaman mengajar, saya juga aktif dalam kegiatan di luar kelas yang mendukung pengembangan holistik siswa. Saya percaya bahwa pendidikan bukan hanya tentang akademik, tetapi juga tentang membentuk karakter, keterampilan sosial, dan kepemimpinan. Saya senang berbagi pengalaman dan pengetahuan saya melalui menulis di Kompassiana. Melalui tulisan-tulisan saya, saya berharap dapat menginspirasi pembaca, berbagi ide, dan membuka dialog yang membangun tentang berbagai isu pendidikan di Indonesia. Saya berharap bahwa tulisan-tulisan saya dapat memberikan wawasan baru dan memicu perubahan positif dalam dunia pendidikan kita. Jika Anda tertarik untuk berdiskusi atau berbagi pengalaman, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui platform media sosial saya atau melalui komentar di artikel-artikel saya. Terima kasih telah membaca dan mari kita terus berkolaborasi untuk menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

01.02.3-T3 Aksi Nyata Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya

24 Maret 2024   17:32 Diperbarui: 24 Maret 2024   17:37 2025
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan dari topik ini?

2. Hal apa yang paling menantang ketika Anda merancang asesmen dalam proses pembelajaran?

3. Menurut Anda, apakah asesmen yang diterapkan di kelas sudah sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakteristik, serta kemampuan peserta didik?

4. Menurut Anda, apakah asesmen yang diterapkan di kelas sudah dapat memfasilitasi peserta didik dan memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran?

5. Hal lain apakah yang ingin Anda pelajari terkait dengan asesmen?

Jawab :

1. Pemahaman baru yang saya dapatkan dari topik ini adalah pentingnya menyelaraskan asesmen dengan tahapan perkembangan peserta didik, konteks budaya, dan karakteristik individu. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa asesmen tidak hanya mengukur pemahaman konsep, tetapi juga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk menunjukkan berbagai macam kemampuan dan potensi mereka.

2. Hal yang paling menantang ketika merancang asesmen dalam proses pembelajaran adalah menciptakan instrumen yang dapat memberikan informasi yang relevan dan bermakna tentang kemajuan peserta didik secara holistik. Ini melibatkan mempertimbangkan berbagai gaya belajar, tingkat pemahaman, dan kebutuhan individu peserta didik, sambil tetap mempertahankan keadilan dan validitas asesmen.

3. Saya percaya bahwa asesmen yang diterapkan di kelas harus selaras dengan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan budaya, dan karakteristik individu. Ini mencakup penggunaan metode dan instrumen asesmen yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik serta memperhatikan konteks budaya dalam proses pembelajaran.

4. Asesmen yang efektif harus memfasilitasi peserta didik dan memberikan ruang bagi mereka untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran. Ini bisa dilakukan dengan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk merefleksikan pembelajaran mereka, berpartisipasi dalam evaluasi formatif, dan memiliki akses untuk memberikan masukan tentang pengalaman belajar mereka.

5. Hal lain yang ingin saya pelajari terkait dengan asesmen adalah teknik-teknik dan strategi-strategi baru dalam merancang asesmen yang lebih inklusif dan berorientasi pada pertumbuhan peserta didik. Saya juga tertarik untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan proses asesmen dan memberikan umpan balik yang lebih terarah dan personal bagi peserta didik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun