Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â
Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi Praktik Pembelajaran:Â SMP Negeri 4 Wawonii Barat
Lingkup Pendidikan: SMP (Sekolah Menengah Pertama)
Tujuan dari Praktik Pembelajaran yang Ingin Dicapai: Meningkatkan Kemampuan Reading dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Â melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)Â dan Problem Based Learning (PBL)
Situasi
    Kondisi yang menjadi latar belakang:
- Kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil observasi pada siswa sebelum melakukan praktik pembelajaran. Kemampuan siswa dalam membaca rendah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan.
- Rendahnya motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Guru melakukan survey kepada siswa sebelum melakukan praktik pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) di kelas. Salah 1 pertanyaan survey guru adalah tentang pelajaran apa yang paling tidak disukai siswa di sekolah? Jawaban siswa adalah Pelajaran Bahasa Inggris. Ketika ditanyakan alasannya, siswa tidak menyukai pelajaran Bahasa Inggris dan tidak memiliki motivasi untuk belajar Bahasa Inggris karena pelajaran Bahasa Inggris terasa sulit bagi siswa, model dan metode guru dalam mengajar tidak menarik dan membosankan. Belum lagi media yang digunakan hanya buku paket yang itu-itu saja dan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran di kelas.
    Praktik ini penting untuk dibagikan karena guru ingin berbagi tentang pengalaman hasil dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) untuk mengatasi permasalahan mengenai rendahnya kemampuan membaca dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Diharapkan dengan praktik ini dapat memberikan inspirasi dan menambah referensi dalam mengatasi masalah pembelajaran kepada guru-guru lain yang mengalami situasi yang sama.
    Peran dan tanggung jawab guru dalam praktik adalah sebagai fasilitator yang menggerakkan siswa dalam kemandirian dan keaktifan dalam pembelajaran di kelas dan mendampingi siswa dalam proses pembelajaran.
Tantangan