Mohon tunggu...
Velly April
Velly April Mohon Tunggu... Velly Aprilia Dianti

Terimaasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat :) Email :vellybengkulu@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Aku, Kamu, Kita Dukung Koperasi Digital

2 November 2019   17:01 Diperbarui: 2 November 2019   17:22 59 1 1 Mohon Tunggu...
Aku, Kamu, Kita Dukung Koperasi Digital
Dokpri: kegiatan anggota koperasi

Siapa niih yang udah pernah menjadi anggota koperasi? Kalau belum ternyata kita sama, kalo udah pernah kalian harus bersyukur guys, karena ternyata koperasi banyak banget loh manfaatnya, yuk lanjut baca artikel ini biar makin tahu  manfaat nyata koperasi. tahu nggak ternyata di tengah pesatnya kemajuan teknologi, koperasi juga turut bertransformasi loh, seperti apa ya? Yuk simak ulasan berikut.

Sekilas Mengenal Sejarah Koperasi di Indonesia

Pada tahun 1896 koperasi dikenalkan di Indonesia oleh R. Aria Wiraatmadja yang kemudian mendirikan bank untuk pegawai negeri. kongres koperasi diselenggarakan pertama kali pada 12 juli 1947 di Tasikmalaya. kongres kedua dilaksanakan pada 12 juli 1953 di Bandung, dengan salah satu hasil kongres tersebut adalah mengangkat Mohammad Hatta sebagai bapak koperasi Indonesia.

Dasar Hukum dan Prinsip Koperasi 

Tahu nggak guys? Ternyata dalam Undang Undang, koperasi berdiri atas dasar pasal 5 ayat (1), pasal 20, dan pasal 33 ayat (1) dan ayat (4) Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Dengan disahkan oleh presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta pada 29 Oktober 2012, UU No.25 tahun 1992 tentang Perkoperasian telah diganti oleh UU No. 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian. Adapun nilai dan prinsip yang mendasari kegiatan koperasi adalah; kekeluargaan, menolong diri sendiri, tanggung jawab, demokrasi, persamaan, keadilan, dan kemandirian. Artinya koperasi adalah badan hukum yang terpercaya bukan kaleng-kaleng ya guys, juga memiliki prinsip yang jelas yang harus dianut oleh setiap koperasi di seluruh Indonesia.

Manfaat Nyata Koperasi 

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di Rt 12 kelurahan Lempuing, kota Bengkulu, bahwasannya menurut Susila Susanti (45) yang merupakan anggota koperasi Aneka Mina Sejahtera telah merasakan banyak manfaat setelah beberapa tahun berkecimpung di dunia perkoperasian. Diantaranya; wawasan pergaulan yang lebih luas, ilmu dari pelatihan gratis yang bermanfaat sehingga dapat diterapkan, membantu dalam modal usaha  dan tentunya sangat membantu perekonomian keluarga. "walaupun kami ibu rumah tangga, tapi kami bisa membantu perekonomian keluarga yang bisa digunakan untuk keperluan pendidikan anak, keperluan rumah tangga dan lain-lain" ungkap bunda Santi. Ternyata sangat bermanfaat ya guys, selain untuk keperluan keluarga, ibu-ibu nya bisa beli make up sama skin care kan, hehe.

Kisah Nyata Suksesnya Anggota Koperasi di Kota Bengkulu

Dilihat dari manfaat koperasi yang sangat membantu usaha kecil menengah masyarakat ternyata melahirkan banyak kisah sukses para anggota koperasi di Indonesia, seperti usaha peternakan sapi, pertanian, pengolahan pangan dan masih banyak lagi. salah satunya adalah Sri Daryanti (45) yang merupakan anggota koperasi di kelurahan Lempuing, Kota Bengkulu.  Sukses dengan usaha pengolahan hasil nelayan seperti abon, ikan tuna, dan hasil laut lainnya. ibu Sri telah membantu perekonomian keluarga, perkonomian para nelayan yang menjadi langganan Bu Sri membeli bahan olahan, dan mengurangi pengangguran di sekitar rumahnya dengan merekrut karyawan.

Teknologi, Koperasi dan Wirausahawan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN