Mohon tunggu...
Vella Ade S
Vella Ade S Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Fakultas Hukum

Mahasiswa Fakultas Hukum

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mahasiswa KKN Undip Berikan Pelatihan Pembuatan Planting Kit untuk Kegiatan UMKM Guna Meningkatkan Ekonomi pada Masa Pandemi

4 Agustus 2021   12:14 Diperbarui: 6 Agustus 2021   07:35 64 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Berikan Pelatihan Pembuatan Planting Kit untuk Kegiatan UMKM Guna Meningkatkan Ekonomi pada Masa Pandemi
Sumber: Dokumen Pribadi

Ungaran (15/07/21) -- Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, tentunya seluruh sektor kehidupan masyarakat turut terdampak. Tak hanya kesehatan, sektor ekonomi juga menanggung dampak akibat pandemi virus corona. Semakin tingginya angka persebaran virus corona, mengharuskan pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan, salah satunya adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pengendalian dan pencegahan meluasnya penyebaran virus ini. 

Seiring dengan meningkatnya persebaran virus dan adanya kebijakan yang berlaku, hal tersebut menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang mengalami penurunan penghasilan bahkan kehilangan pekerjaan. Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat agar dapat bertahan hidup dan mendapatkan penghasilan dengan keahlian yang dimilikinya.

Untuk menghadapi dampak dari pandemi ini, Mahasiswa Tim II KKN Undip 2021 berupaya untuk memberikan pelatihan pembuatan planting kit untuk meningkatkan ekonomi selama pandemi masih berlangsung. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Mu'awanah, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat dan peserta yang mengikuti pelatihan tersebut merupakan santri yang tinggal di pondok pesantren. 

Target dan sasaran dari kegiatan ini merupakan para santi dari Pondok Pesantren Al-Mu'awanah dengan tujuan dapat melakukan aktivitas positif untuk mengisi waktu luang saat masa pandemi serta dapat memberikan wawasan untuk menjalankan suatu usaha atau berwirausaha.  Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak serta jumlah peserta yang dibatasi sesuai dengan kapasitas ruangan.

Gambar 1. Peserta Sosialisasi dan Pelatihan
Gambar 1. Peserta Sosialisasi dan Pelatihan

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Tim II KKN Undip diawali dengan memberikan edukasi mengenai planting kit dan cara pembuatannya sehingga para peserta dapat memahami proses pembuatan planting kit dan dapat mempraktekkannya secara mandiri di kemudian hari. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan planting kit tersebut telah disiapkan oleh Mahasiswa Undip sebelum kegiatan berlangsung. Sehingga pada saat kegiatan, para peserta dapat langsung mempraktekkan cara pembuatannya serta mendapatkan penjelasan mengenai alat dan bahan yang digunakan hingga harga dari masing-masing bahan sehingga para peserta mendapatkan gambaran dengan jelas mengenai produk yang dibuatnya.

Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi
Gambar 2. Alat dan Bahan serta Pelatihan Pembuatan Planting Kit Sumber: Dokumentasi Pribadi 
Gambar 2. Alat dan Bahan serta Pelatihan Pembuatan Planting Kit Sumber: Dokumentasi Pribadi 


Selain itu, para peserta juga diberikan edukasi cara memasarkan produk melalui digital marketing. Dalam masa pandemi seperti saat ini, sebagian besar waktu masyarakat dihabiskan dirumah untuk mengurangi mobilitas sehingga dengan pemasaran produk melalui e-commerce lebih dipilih oleh konsumen dan dapat menjangkau masyarakat luas.

Selanjutnya, untuk mengembangkan usaha dalam rangka membangun perekonomian, maka para peserta kegiatan juga diberikan edukasi mengenai cara permohonan perizinan berusaha perseorangan melalui Online Single Submission (OSS). OSS merupakan perizinan yang dapat diajukan dan diterbitkan melalui sistem elektronik yang terintegrasi sehingga dengan adanya sosialisasi ini, para peserta kelak dapat mengembangkan usahanya dengan membentuk suatu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan dapat mengurus perizinanya secara mandiri.

Dengan adanya pelatihan pembuatan planting kit untuk kegiatan UMKM oleh Mahasiswa Tim II KKN Undip yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Mu'awanah diharapkan dapat memberikan manfaat seperti kemandirian ekonomi dan peningkatan pendapatan bagi santri maupun pondok pesantren. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x