Mohon tunggu...
velicia
velicia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa PGSD FIPP UNNES

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memastikan Pemahaman Konkret: Instrumen Penilaian "Berkenalan dengan Energi" DIterapkan di SD Negeri Rejosari

7 Oktober 2025   23:53 Diperbarui: 7 Oktober 2025   23:53 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Instrumen penilaian dalam bentuk soal yang ditunjukan langsung kepada siswi SD Negeri Rejosari oleh Velicia

Seiring dengan hadirnya media pembelajaran inovatif, pengukuran keberhasilan dan pemahaman siswa menjadi langkah krusial. Melengkapi kegiatan Bhakti Akademisi di SD Negeri Rejosari, Kota Semarang, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNNES, Velicia Theresia Irene, juga menyerahkan perangkat penilaian komprehensif untuk materi "Berkenalan dengan Energi" pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).

Perangkat ini dirancang untuk memastikan bahwa inovasi pembelajaran yang telah diberikan dapat dievaluasi secara holistik, meliputi tiga aspek utama: pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Instrumen penilaian soal dalam bentuk fisik yang ditunjukkan kepada siswa SD Negeri Rejosari oleh Velicia
Instrumen penilaian soal dalam bentuk fisik yang ditunjukkan kepada siswa SD Negeri Rejosari oleh Velicia

Instrumen Penilaian: Evaluasi Tiga Aspek Pembelajaran

Instrumen penilaian ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan kurikulum dan mencakup berbagai tingkat taksonomi kognitif Bloom, mulai dari mengingat hingga mengevaluasi. Hal ini bertujuan untuk mengukur tidak hanya hafalan, tetapi juga kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 SD.

1. Penilaian Pengetahuan: Pilihan Ganda 20 Butir Soal

Penilaian pengetahuan menggunakan format soal evaluasi objektif berupa 20 butir soal pilihan ganda. Setiap butir soal dirancang untuk menguji indikator pembelajaran tertentu, mulai dari level kognitif C1 (Mengingat) hingga C5 (Mengevaluasi).

Contoh implementasi indikator soal meliputi: 

  • C1 (Mengingat): Mengidentifikasi pengertian energi (No. 1) atau Menyebutkan sumber energi (No. 4).
  • C3 (Menerapkan): Mengimplementasikan langkah hemat energi dalam kehidupan sehari-hari (No. 12) atau Menentukan contoh pemanfaatan energi alternatif (No. 13).
  • C5 (Mengevaluasi): Mengevaluasi kebiasaan sehari-hari yang dapat mengurangi pemborosan energi (No. 20).

Hasil akhir penilaian pengetahuan dikategorikan dalam predikat Sangat Baik (A) hingga Kurang Baik (D).

2. Penilaian Keterampilan: Fokus Presentasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun