Mohon tunggu...
Nurvita Wahyu Febriani
Nurvita Wahyu Febriani Mohon Tunggu...

Just do that I can do, because it's me and that's you.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Youtube, Tak Hanya Modal Dengkul

18 September 2012   08:56 Diperbarui: 25 Juni 2015   00:18 280 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Youtube, Tak Hanya Modal Dengkul
1348056811487298407

[caption id="attachment_213311" align="aligncenter" width="300" caption="broadcast yourself, take your action!!"][/caption]

foto : google.com

Youtube bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kita. Terlebih sejak kemunculan artis tiban dalam kancah nasional bahkan hingga internasional. Dalam kancah nasional, sebut saja seperti Smash, Sinta-Jojo, Udin Sedunia, Norman Kamaru, juga Ayu Ting-Ting yang melejit berkat video yang mereka upload di youtube .Tak terkecuali dalam kancah internasional, taruhlah Justin Bieber, Greyson Chance,bahkan yang terhangat adalah gebrakan tarian ‘Gangnam Style” yang dipopulerkan oleh seorang rapper Korea Selatan, Park Jae Sang yang meledak setelah video tarian itu ia upload dan hingga hari ini telah mencapai angka 204,946,281viewers (sampai pukul 15.40 disalah satu video). Menjamurnya artis-artis yang eksis lewat youtube, kian meramaikan kancah dunia hiburan yang butuh suntikan baru untuk memberi warna tersendiri ditengah gempuran boyband dan girlband baik dari dalam maupun luar negeri, meski tak dapat dipungkiri dunia hiburan masa kini memang dirajai oleh boyband dan girlband yang berkiblat pada K-Pop.

Seperti kita ketahui, youtube adalah sebuah situs dimana kita bisa mengupload ataupun mengunduh video. Dengan kemudahan yang dimiliki untuk mengakses youtube, memberi sensasi tersendiri bagi para khalayak yang hanya iseng untuk sekedar numpang narsis maupun bagi mereka yang memang memiliki kepentingan untuk publikasi ataupun mencari video yang berkaitan dengan kebutuhannya. Ditambah dengan biaya yang irit baik akses menggunakan pulsa ataupun dari warnet bahkan gratis numpang akses lewat wifi…hmm, benar-benar sesuatu banget tentunya bagi orang-orang yang ingin mengeksiskan diri didunia maya.

Kehidupan mewah, dikenal banyak orang, nampang di layar kaca, ketemu artis-artis terkenal, hingga memperoleh sumber penghasilan baru secara mudah yang memang identik dengan panggung hiburan, membuat banyak orang kian penasaran untuk mencoba peruntungan dari youtube. Karena itulah sekiranya, banyak orang yang terbuai setelah mencicipi manisnya panggung hibuaran meski hanya sebatas artis tiban karena youtube. Tak ayal, kehadiran merekapun senantiasa mampu menggebrak panggung hiburan dengan inovasi-inovasi baru yang mereka sajikan, seperti halnya tarian Gangnam style yang sebenarnya sederhana. Tarian yang nampak seperti orang sedang menunggang kuda ini mampu menghipnotis dunia karena keunikannya. Meski sederhana, namun nyatanya belum pernah ada yang sebelumnya terpikirkan akan hal ini,bukan?.

Menilik dari segala fenomena itu, tentu kita bertanya-tanya apakah kualitas para artis tiban itu memang benar-benar layak untuk tampil dilayar kaca, atau hanya sebatas sensasi sesaat?. Meski diawal kemunculan mereka acapkali mendapat cercaan dan cibiran, toh nyatanya beberapa dari mereka mampu membuktikan bahwa mereka memang layak untuk berdiri di depan layar kaca untuk menghibur pemirsa. Sebut saja Justin Bieber yang mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat dunia, khususnya kaum remaja. Begitupun Ayu Ting-Ting, kariernya kian melejit lahir dari youtube. Ya, meskipunbeberapa dari mereka seperti Sinta-Jojo, Udin Sedunia, dan Norman Kamaru sekarang kariernya mulai redup. Namun begitulah panggung hiburan. Begitu mudah ia membuat orang melayang diatas puncak ketenaran, namun begitu mudah pula ia membuang orang dari gemerlapnya.

Memang, sebagian dari para artis tiban itu hanya bermodal narsis dan sebatas ingin eksis. Namun nasib baik menaungi mereka hingga merekapun dilirik awak media dan menjadi artis. Namun tak dapat dipungkiri, beberapa dari merekapun memang benar-benar memiliki bakat yang mampu mereka sajikan secara apik dalam layar kaca untuk menghibur pemirsa setia mereka.

Pernyataan “ artis youtube, modal dengkul tetap ngebulpun” kian terlibas dengan kehadiran audisi Indonesian Idol 2012. Ya, untuk pertama kalinya Indonesian Idol mengadakan audisi melalui youtube ditahun 2012 ini dan tentunya juripun tak hanya asal nyomot untuk mengambil finalis terbaik diantara para pengirim. Dan tak tanggung-tanggung, finalis terfavorit pemirsa youtubepun mendapat hadiah Rp 3.000.000,00.

Dalam setiap hal pasti terdapat pro dan kontra, begitupun dengan syndrome youtube yang kian menjamur di panggung hiburan tanah air. Meski banyak melahirkan artis tiban dengan kualitas pas-pas’an yang katanya hanya bermodal dengkul, namun pada akhirnya kita sendirilah sebagai penikmat yang menentukan eksistensi mereka. Karena jika kita senantiasa menjadi penggemar tentu mereka akan bertahan lama dan sebaliknya jika kita mengabaikan pintu ketenaranpun akan tertutup bagi mereka.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x