Mohon tunggu...
Vania Salsabila
Vania Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1

Hanya tentang bahasa.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Revitalisasi Mading Sekolah

15 April 2024   08:16 Diperbarui: 15 April 2024   08:19 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Revitaslisasi Mading Sekolah

Meliput dari laporan minggu pertama penugasan di bulan Maret, dapat menjadi perhatian bahwa angka literasi siswa berada di tingkat bawah berdasarkan nilai AKM yang telah kami laksanakan di minggu pertama bulan Maret. Langkah pertama yang kami lakukan yaitu revitalisasi perpustakaan dengan menyusun dan mengelompokkan buku sesuai tema di rak yang tersedia di sekolah.

Dalam penindaklanjutan peningkatan angka literasi di SD Negeri Kadipiro Surakarta, kami memutuskan untuk melanjutkan program kami dalam bentuk mading sekolah.  mading sekolah atau majalah dinding memiliki fungsi sebagai media komunikasi antara siswa dengan siswa dan juga komunikasi dengan siswa dan sekolah atau penyelenggara. mati sekolah juga berfungsi sebagai media pembelajaran bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan siswa.

Tujuan disusunnya mading sekolah ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD Negeri Kadipiro Surakarta. Memasuki bulan Ramadan, kami menyusun mading sekolah berdasarkan dua hal, yaitu dengan mengambil tema spesial bulan Ramadan sebagai bentuk dalam meningkatkan literasi siswa dan memilih beberapa rumus matematika yang kami ambil dari laman web atau internet untuk meningkatkan angka numerasi siswa SD Negeri Kadipiro Surakarta.

Dalam pemasangan mading sekolah, rupanya banyak siswa yang tertarik dan antusias dalam menyusun kertas mading dan menempelkannya menggunakan paku pin. dari penempelan beberapa informasi tersebut kami menggunakan dua mading sekolah SD Negeri Kadipiro Surakarta dan 1 papan tulis putih atau whiteboard. Pada mading pertama yang letaknya berdekatan dengan kelas 1 dan 2 SD Negeri Kadipiro Surakarta, kami menyusun dan menempelkan beberapa potongan kertas berisikan tema spesial bulan Ramadan. Selanjutnya untuk mading kedua yang letaknya berdekatan dengan kelas 5 dan 6 SD Negeri Kadipiro Surakarta, kami menempelkan beberapa potongan kertas yang berisikan rumus matematika dan juga beberapa hal terkait numerasi. Untuk whiteboard, kami isikan beberapa informasi mengenai Pendaftaran peserta didik baru SD Negeri Kadipiro beserta informasi mengenai  beasiswa untuk siswa sekolah dasar, PPDB untuk kelas 6 yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya yaitu SMP.

Dengan pemasangan mading tersebut, kami mengharapkan siswa dapat antusias untuk membaca dan bernumerasi serta mengetahui info terkini mengenai pendaftaran dan beasiswa yang ada untuk siswa sekolah dasar.


Penulis :

Vania Salsabila

Bapak Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun