Mohon tunggu...
Vanesha Hershinta Amin
Vanesha Hershinta Amin Mohon Tunggu... Mahasiswa Penerima Beasiswa Prestasi 100% STP Trisakti

STP Trisakti

Selanjutnya

Tutup

Travel

Ini Dia! 7 Pariwisata Paling Menakjubkan di Bali

15 Juni 2021   16:33 Diperbarui: 15 Juni 2021   16:37 94 0 0 Mohon Tunggu...

Bali merupakan salah satu pulau wisata paling menggugah dan populer di seluruh Indonesia. Kunjungan ke sini membangkitkan indra. Aroma dupa dan minyak cengkeh yang memabukkan menggantung di udara tropis yang kental. Kacang mendesis di warung pinggir jalan, persembahan bertabur kelopak membara di trotoar, dan musik gamelan tradisional berdenting melawan dengungan moped. Di bawah ini tempat wisata terbaik di Bali yang wajib untuk dikunjungi.

7. Air Terjun Sekumpul

Di kawasan Singaraja, sekitar 65 kilometer di utara Ubud, terdapat Air Terjun Sekumpul yang merupakan air terjun terindah di Bali. Air terjun ini merupakan rangkaian dari tujuh air terjun, mengalir seperti kerudung panjang berkabut di atas bibir tebing yang rimbun dan tertutup hutan.

Perjalanan pulang pergi menuju Air Terjun Sekumpul sekitar tiga sampai empat jam, melewati pesawahan dan desa-desa setempat yang dikelilingi oleh pohon rambutan dan durian, dan berlanjut melalui hutan tropis yang lebat. Terdapat beberapa medan berat di perjalanan karena Anda perlu menuruni tangga licin dan menyusuri sungai, tetapi begitu Anda tiba, Anda dapat menenangkan diri dengan berenang di dasar air terjun yang menyegarkan. Ini merupakan petualangan hebat bagi pecinta alam yang ingin merasakan sisi lain Bali yang jauh dari resor turis.

6. Hutan Monyet Ubud

Sekitar 15 menit berjalan kaki ke selatan pusat kota di Ubud, terdapat Hutan Monyet, yang juga dikenal sebagai Cagar Alam Hutan Monyet Suci. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Bali jika Anda seorang penyayang binatang atau fotografer. Selain pasukan kera ekor panjang abu-abu yang menghibur dan bertempat tinggal di hutan ini, daya tarik lainnya adalah pengaturan hutan yang menggugah dengan monyet berkeliaran bebas. Jalan setapak yang beraspal melewati hutan lebat dengan pohon beringin dan pala raksasa, di mana patung-patung yang tertutup lumut dan kuil-kuil kuno menjulang melalui dedaunan yang lebat, memberikan kesan mistis.

Hutan Monyet Ubud dimaksudkan untuk menjadi representasi keharmonisan hidup berdampingan antara manusia dan hewan. Selain itu, juga melestarikan tumbuhan langka dan digunakan sebagai lokasi penelitian perilaku kera, khususnya interaksi sosialnya. Di sisi barat daya hutan adalah salah satu dari tiga candi yang ditemukan di sini, Pura Dalem Agung Padangtegal abad ke-14, di mana ratusan monyet berayun melalui pepohonan dan memanjat dinding. Di barat laut hutan, sebuah kuil pemandian kuno, Pura Beji, terletak di sebelah aliran sungai yang sejuk dan menjadi latar belakang yang indah untuk menyaksikan tingkah laku monyet. Saat mengunjungi hutan, pastikan untuk mengamankan barang-barang Anda dan hindari kontak mata langsung dengan hewan (dan tersenyum) karena ini dapat diartikan sebagai tanda agresi. Sebaiknya Anda juga tidak membawa makanan apa pun ke area tersebut.

 5. Lembah Sidemen

Sekitar 90 menit berkendara ke timur laut Ubud, Lembah Sidemen yang bernuansa zamrud membangkitkan nuansa Bali tua, sebelum kerumunan turis turun ke pulau itu. Desa-desa yang bertengger di lembah di tengah sawah bertingkat, dan Gunung Agung yang tertutup awan tampak di latar belakang dengan tatanan yang sangat menarik.

Kunjungan yang menyenangkan di sini adalah dengan berjalan-jalan di sekitar desa-desa kecil, dikelilingi oleh tanah pertanian dan sawah, di mana penduduk setempat masih cenderung melakukan aktivitas tradisional mereka. Anda juga dapat mendaki melalui pedesaan ke puncak Gunung Agung atau berjalan kaki melalui sawah dan pedesaan yang subur melewati perkebunan kakao dan kopi. Hal populer lainnya yang dapat dilakukan adalah arung jeram di sungai, retret yoga, dan ikut serta dalam kegiatan budaya, seperti menari, mengukir, atau menenun tradisional. Homestay dan B&B sangat populer di daerah ini, tetapi Anda juga akan menemukan beberapa vila mewah yang menghadap ke sawah.

4. Kepulauan Nusa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN