Mohon tunggu...
Valerie VanyaSudewo
Valerie VanyaSudewo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya memiliki hobi mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

6 Oktober 2022   00:27 Diperbarui: 6 Oktober 2022   00:30 43 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hari Minggu tanggal 2 Oktober 2022 kemarin, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara Geladi Hominisasi yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Parahyangan. 

Sebelum acara dimulai pada hari-H, kami selaku peserta dari Geladi Hominisasi kedua ini diharuskan untuk mengerjakan tugas pra-geladi terlebih dahulu, dan pengerjaan tugas tersebut pun sekaligus menjadi pengantar Geladi yang akan dilaksanakan. Lalu pada hari-H pelaksanaan, kami semua berkumpul dalam ruangan zoom dan mendengarkan berbagai sharing serta materi dari pra dosen selaku fasilitator dalam acara Geladi ini.

Dalam kegiatan Geladi ini pun kami juga dibagi kedalam beberapa kelompok untuk membahas topik yang sudah ditentukan sebelum pelaksanaan Geladi, dan saya mendapatkan kelompok 9 dengan topik "Hari Perpustakaan Sekolah Internasional", dan dari dinamika kelompok ini, saya mendapatkan banyak pengalaman serta materi baru yang sangat berguna bagi saya. 

Kami dalam kelompok pun membahas bagaimana topik ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan generasi muda sekarang, dimana sudah banyak orang yang mulai meninggalkan perpustakaan karena beralih menggunakan teknologi digital yang telah berkembang dengan sangat pesat, sehingga dalam diskusi ini pun kami banyak mencari problematika yang terjadi serta solusi yang dapat dilakukan agar budaya membaca di Indonesia dapat berkembang. 

Perlu kita ketahui pula bahwa budaya membaca merupakan salah satu aspek yang penting dalam mengembaangkan diri untuk dpat berpikir kritis dan logis dalam hidup bermasyarakat dan bernegara.

Dengan melalui diskusi kelompok ini pun saya dapat bertemu dengan relasi serta teman-teman baru dari berbagai fakultas serta jurusan, lalu dapat belajar bagaimana untuk berperan aktif dan berpartisipasi secara dinamis dalam suatu kerja kelompok dengan melakukan brainstorming, serta bagaimana membangun teamwork yang baik dengan saling menerima pendapat satu sama lain. 

Selain mendapat pengalaman seru bersama dengan teman-teman, saya juga dapat belajar bagaimana caranya untuk berpikir kritis dan logis dalam menanggapi hal-hal yang ada dalam masyarakat sebagai warga negara.

Setelah mengikuti acara Geladi Hominisasi ini pun saya menyadari bahwa dalam menjadi warga negara, kemampuan menggunakan logika serta dalam berbahasa merupakan hal yang sangat penting, karena dengan hal tersebut pun kita dapat berpikir secara kritis dan logis dalam menanggapi berbagai hal yang ada di masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Selain itu, hal tersebut pun sangat diperlukan terutama oleh generasi muda seperti kita yang akan menjadi masa depan dari bangsa dan negara kita.

Tentu dalam berbahasa pun kita dapat membangun komunikasi yang baik antar sesama warga negara, karena komunikasi sendiri merupakan salah satu aspek terpenting dalam membangun relasi antar sesama warga negara. Berbagai hal yang saya dapat dalam Geladi ini pun memberikan banyak manfaat yang akan sangat berguna kedepannya bagi saya terutama dalam kehidupan perkuliahan saya. 

Melalui geladi ini pun, saya merasa bahwa saya dapat mengasah kemampuan berpikir agar dapat lebih kritis dalam menanggapi sesuatu, juga dapat mengasah kemampuan berbahasa yang baik dan benar dalam membangun komunikasi antar sesama serta dalam mempresentasikan sesuatu di hadapan banyak orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan