Mohon tunggu...
R.A. Vita Astuti
R.A. Vita Astuti Mohon Tunggu... IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi | www.v4vita.com

Dosen Prodi S1-S2 Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Anak Kecil Memukau

27 Februari 2021   14:49 Diperbarui: 27 Februari 2021   21:05 121 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anak Kecil Memukau
Park So Yi sebagai Kang Ha Eun Ep. 12, foto: IMDb

Jarang saya terpana dengan akting anak kecil, entah dalam film bergenre anak ataupun peran anak di film bergenre lain. Tapi kali ini ketika menonton "She Would Never Know" (2021) serial drama Korea yang masih ongoing dan terbaru episode ke-12, saya langsung jatuh cinta pada karakter anak kecil Kang Ha Eun yang diperankan oleh Park So Yi.

Dalam drakor tersebut, Ha Eun diceritakan berusia tujuh tahun. Tapi di seperti drama pada umumnya, usia para pemeran bisa saja tidak sesuai dengan kenyataan. Ada yang lebih tua dari aslinya atau bahkan lebih muda. So Yi lahir tahun 2012 jadi aslinya dia usianya sembilan tahun.

Aktingnya jadi kelihatan luar biasa ketika berhasil memerankan anak usia dua tahun lebih muda yang masih imut cara memandang dunia.

Sebenarnya bisa didebat bila kita melihat peran Ha Eun diceritakan sebagai anak kecil yang bijak dan lebih dewasa daripada usianya yang dibilang tujuh tahun tadi. Jelas dia aslinya anak sembilan tahun, jadi tidak perlu berakting beda terlalu banyak. Perdebatan yang seru bila dilanjutkan karena peran dia seolah sebagai dokter cinta bagi ibunya, tante dan omnya. Anak kecil sudah bicara cinta bahkan memberi tips tentang percintaan pada orang dewasa.

Menariknya lagi, anak kecil yang berperan dalam film atau drama biasanya memerankan tokoh masa kecil pemeran utama.

Lalu bagaimana yang terjadi pada So Yi?

Dari data AsianWiki dan MyDramaList, So Yi sudah memerankan sebagai anak kecil dalam enam film, sepuluh serial drama, dan dua FTV. Dari kedelapan belas peran tersebut, dua belas judul dia memerankan sebagai tokoh itu sendiri, bukan tokoh masa kecil pemeran utama. Dan satu judul di genre horor dalam film berjudul "Hotel Lake" (2020).

Aktris kecil memang perannya terbatas, jarang menjadi peran utama bila bukan pada film bergenre anak. Demikian juga So Yi. Lebih sering dia menjadi peran pendukung atau peran pembantu, yaitu berperan sebagai anak dari pemeran utama atau seperti tadi, menjadi pemeran utama ketika muda. Empat kali dia berperan sebagai anak perempuan tokoh lain. Enam kali dia sebagai pemeran utama di usia mudanya.

Drakor ini masih belum selesai, kita tunggu adegan menarik dari Kang Ha Eun bersama-sama.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x