Mohon tunggu...
R.A. Vita Astuti
R.A. Vita Astuti Mohon Tunggu... IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi | www.v4vita.com

Dosen Prodi S1-S2 Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Artikel Utama

Kota Seoul dalam "More than Friends" (2020)

1 Januari 2021   22:19 Diperbarui: 4 Januari 2021   15:10 451 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kota Seoul dalam "More than Friends" (2020)
"More than Friends" - Sumber: IMDB

Sudah sejak 2012 saya mulai rutin menonton drama Korea, tapi baru akhir tahun 2020 saya menemukan serial yang sangat sesuai dengan minat penelitian saya. Yaitu tentang kota atau urban atau city. Judul yang saya temukan adalah "More than Friends". 

"More than Friends" judul aslinya adalah "Kyungwooui Soo" atau artinya Soo milik Kyung Woo. Serial ini tayang 2020 dengan 16 episode. Diperankan oleh Seong-wu Ong sebagai Lee Soo dan Ye-Eun Shin sebagai Kyung Woo Yeon. Cerita singkatnya karena ada kesalahpahaman, mereka menahan perasaan masing-masing selama 10 tahun.

Saya menemukan K-drama ini ketika mencari tema 'friendzone' yang populer dalam lima tahun terakhir. Ternyata sampai tahun 2020 pun masih saja diproduksi drama dengan tema yang mirip-mirip. Saya menjadi semakin yakin bahwa 'friendzone' bisa menjadi sebuah genre yang tak lekang oleh waktu, di bawah genre drama dan romance (Costanzo, 2014).

Costanzo membahas empat genre utama yang paling populer dalam film-film Hollywood atau best seller. Keempatnya adalah genre warrior/hero/pahlawan, wedding/pernikahan, horor dan road/perjalanan. Tiga dari genre yang ditulis adalah genre yang tidak biasa. Road movie atau film tentang perjalanan juga sangat menarik, ditandingkan dengan genre wedding, film-film tentang pernikahan.

Lalu bagaimana dengan genre friendzone yang saya tawarkan? Mungkin masuk ke dalam bagian genre wedding, walaupun friendzone kadang tidak berakhir dengan pernikahan. Namanya saja friendzone ... hiks. Maaf kalau ada yang merasa baper.

Jadi baiklah kita tnggalkan genre yang bikin baper ini. Fokus saya akan mengangkat genre city atau kota, atau bisa uga tentang kehidupan masyakarat urban. mengapa bukan desa? Karena desa beda dengan kota, kata Raymond Williams (Williams, 1973). 

Kota dianggap lebih rumit karena lebih banyak manusia dan kepentingan.

Mengapa Seoul?

Bila kita menonton "More than Friends" sebagai hiburan, kita akan menganggap Seoul hanyalah alasan mengapa kedua lakon ini bertemu, Woo Yeon dan Lee Soo. 

Ceritanya melibatkan Lee Soo sebagai fotografer dan Woon Yeon sebagai penulis kaligrafi. Keduanya harus pergi bersama beberapa kali untuk menyeimbangkan antara foto dan kutipan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN