Mohon tunggu...
Ursula VictoriaT
Ursula VictoriaT Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

que sera sera

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kamis, 7 Maret 2024

14 Maret 2024   05:52 Diperbarui: 14 Maret 2024   06:28 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seminggu yang lalu, tepatnya Kamis, 7 Maret 2024. Saya Ursula Victoria, mahasiswa semester program studi psikologi, di Universitas Negeri Manado, mengikuti suatu pertemuan kelas Mata Kuliah statistika. Ini adalah sebuah pengalaman baru untuk saya, karena diawal langsung diberitahu perihal penggunaan aplikasi SPSS di laptop, pada saat itu saya berpikir "sepertinya ini akan seru namun berat".

Di pertemuan hari ini, saya dan teman-teman saya mempelajari tentang banyak hal, mulai dari dasar-dasar statistika. Apa itu statistik, apa itu statistika, jenis-jenis statistika, model-model diagram, dan masih banyak lagi. Setelah mempelajari dasar-dasar itu, saya berpikir "ternyata statistika banyak jenisnya". 

Dihari itu juga, kami langsung disuruh untuk menghitung data, dan membuat tabel frekuensi, saya bisa bilang seru ketika bisa mengerjakan soal, sambil berdiskusi dengan teman, dengan dosen yang mengoreksi ketika ada salah, dan teman yang saling mengingatkan, saat itu kertas menjadi saksi bagaimana serunya berdiskusi, dan bagaimana memusingkannya statistika. 

Karena MK statistika itu adalah 3 sks, jadi dalam sekali pertemuan banyak yang kami pelajari, kami juga belajar tentang cara membuat diagram dengan microsoft excel, baik itu diagram batang, diagram garis, maupun diagram lingkaran. Untuk saya yang sangat jarang menyentuh microsoft excel, tentu ini adalah pengalaman yang baru dan sangat berkesan, karena yang awalnya saya hanya bisa melihat orang-orang menggunakan microsoft excel dengan mudah, sekarang saya sendiri sudah bisa menggunakan beberapa fitur dari microsoft excel. Dngan itu kelas berakhir dengan hal-hal yang berkesan bagi saya.  Statistika, MK yang berat namun seru. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun