Mohon tunggu...
Uung Gantira
Uung Gantira Mohon Tunggu... -

Uung Gantira, Seorang Ayah yang rindu dalam memercikan kata...\r\n.\r\n.\r\nUntuk percikan kata ini lebih sering tertuangkan di http://www.facebook.com/#!/pages/Uung-Gantira-Percikan-Kata/137522306359264

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Yang Benar Itu Bumi Memutari Matahari atau Matahari Memutari Bumi?

3 Juni 2012   16:55 Diperbarui: 25 Juni 2015   04:26 29321 4 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Teori Matahari sebagai pusat alam semesta pertama kali dicetuskan oleh Seorang ilmuwan Yunani yan bernama Aristarchus (abad ke-3 sM). Pendapat ini kemudian dibantah oleh seorang folosof yunan lain yg bernama Aristoteles yang hidup pada tahun 384-322 SM, dan tidak ada bantahan selama 15 Abad. Lalu diperkuat oleh seorang ilmuwan yg bernama Iskandar Ptolomeus yg hidup pada tahun 151-127 SM dan tidak dibantah selama 12 Abad.

Kemudian Nicolas Copernicus yang hidup pada tahun 1473-1543 M membaca buku2 Aristarchus, akhirnya memunculkan kembali teori bahwa bumi dan planet2 lainnya berputar mengelilingi matahari. Lalu di dukung lagi oleh Galileo Galileo yang hidup pada tahun 1564 - 1642 M, yang didukung sampai saat ini bahwa bumi dan planet2 memutari Matahari. Pertanyaannya manakah yang kita yakini dengan teori2 yg terus berganti ini?

Sering kuperhatikan matahari terbit dan tenggelam, mata, perasaan dan logikaku mengatakan bahwa mataharilah yang mengeliling bumi. Tapi teori2 yg ada di sekolahan mulai dari SD, SMP, SMA,S1 dan S2 memaksaku untuk mengatakani bahwa bumi yang mengelilingi matahari, walaupun hati kecilku menolaknya, namun demi sebuah nilai disekolahan dengan terpaksa aku menyetujuinya.

Setelah membaca hadist2 shahih dan tafsir Al-qur'an, hati dan keyakinanku mulai menguat kembali dan mengatakan bahwa mataharilah yg mengelilingi bumi. Namun aku masih belum berani mengungkapkan hal ini pada khalayak umum. Karena kemungkinan besar org2 akan mengatakan bhw aku orang bodoh dan tidak memahami ilmu pengetahuan serta salah menafsirkan Al-Qur'an dan hadist.

Setelah membaca buku yang berjudul "Matahari Mengelilingi Bumi" yang ditulis oleh Ahmad Sabig bin Abdul Lathif Abu Yusuf terbitan Pustaka Al-Furqon, keyakinanku makin kuat dengan dalil2 yg diungkapkannya. Beberapa dalilnya yaitu:

1) QS. Al-Maidah ayat 3: "....Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadam nikmat-Ku, dan telah Kuridhoi Islam itu sebagai agama bagimu..."

2) Hadist Riwayat Thobroni dalam al-Kabir dengan sanad Shahih. Berkata Abu Dzar ra:"Rasululah saw meninggalkan kami, dan tidaklah terdapat seekor burung yg mengepakkan kedua sayapnya di angkasa melainkan beliau telah menyebutkan ilmunya kepada kami."

Ini menandakan bahwa semua ilmu sudah sempurna setelah Rasulullah di utus.

Beberapa dalil yang menyatakan akan diamnya bumi adalah:
1)"Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan bergeser dan sungguh jika keduanya akan bergeser tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia itu Maha Penyantun lagi Maha Pengampun." (QS. Fathir:41)

2)"Dan Dia menancapkan gunung2 di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kalian. (Dan Dia menciptakan) sungai2 daan jalan2 agar kamu mendapatkan petunjuk.(QS.An-Nahl:15),

3)"Dan telah Kasmi jadikan di bumi itu gunung2 yang kokoh supaya bumi (itu) tidak goncang bersama mereka..(QS.al-Anbiya:31),

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan