Mohon tunggu...
utie adnu
utie adnu Mohon Tunggu... Administrasi - blogger

freelance dan mom blogger

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Manfaat Air Putih sebagai Nutrisi Ibu Hamil

23 Oktober 2021   23:18 Diperbarui: 24 Oktober 2021   19:44 106 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(picture by iStockphoto)

Manfaat Air putih sebagai Nutrisi Ibu Hamil

Kalau bicara soal masa kehamilan bagi perempuan  pastinya penuh rasa haru biru, dan menjadi momen yang tidak akan terlupakan. senang karena diberikan kepercayaan dengan hadirnya si kecil diperut kita.

Tapi dibalik itu semua  ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari kesehatan, perawatan, hingga asupan nutrisi agar Ibu dan calon bayi tetap sehat sampai nanti saat melahirkan. 

Karena masa kehamilan dan nanti masa menyusui merupakan momentum yang sangat penting dari seorang ibu dan si kecil. Momentum ini biasa disebut dengan periode emas 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang akan berpengaruh untuk kualitas dimasa depan dan disini peranan ibu sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang buah hati dengan pemberian gizi yang optimal, termasuk kebutuhan air, mengingat air sebagai bagian dari zat gizi, nutrisi yang sangat dibutuhkan.

Jadi ingat saat hamil anak pertama,  Pada trimester pertama saya mengalami mual-mual yang luar bisa, hampir setiap malam hari, apa yang konsumsi disiang hari keluar semua. Pada umumnya orang-orang yang hamil merasakan morning sickness tapi kalau saya malam harinya. entah apa istilah kedokterannya, dan hal aneh  lagi saya tidak bisa minum air putih setiap air putih yang saya minum langsung mual.

Sampai pada akhirnya saya bedrest karena mengalami dehidrasi. Nah dari pengalaman ini saya akan berbagi pengalaman bahwa penting banget kecukupan air putih bagi kita terlebih bagi ibu hamil.

Manfaat Air putih bagi Ibu Hamil

Peran air sangat penting bagi tubuh, namun pemenuhan kebutuhan air minum sering terlupakan karena dianggap mudah dan mungkin sepele. Dan bahayanya nanti akan seperti saya mengalami dehidrasi

Sebenarnya kandungan air pada ibu hamil meningkat 6 - 8 liter. Dan volume darah juga meningkat sampai 50% dari sebelum kehamilan yang disebabkan oleh volume plasma darah yang membesar.

Disini air juga merupakan komponen penting pada pembentukan air ketuban yang berfungsi sebagai pelindung janin, memfalitasi pertumbuhan janin, juga berperan pada perkambangan paru janin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan