Mohon tunggu...
Magang Kantor KUA Belawan
Magang Kantor KUA Belawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Insyaallah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Sesuai Ajaran Rasulullah

12 Agustus 2020   07:46 Diperbarui: 12 Agustus 2020   07:48 84 0 0 Mohon Tunggu...

Oleh : Utari Ramadhani

Prodi Aqidah Filsafat Islam

Fakultas Ushuluddin Dan Studi Islam


      Cara menjaga kesehatan sesuai ajaran rasulullah seharusnya sudah menjadi hal yang utama diikuti oleh umat muslim dimanapun. Mengingat cara menjaga kesehatannya sesuai ajaran rasulullah ini tidak terbatas nilainya. Oleh hal apapun itu, baik dari budaya dan tradisi yang ada di setiap daerah.
     
       Beberapa hal yang membahas tentang cara menjaga kesehatan sesuai ajaran rasulullah ini. Sebenarnya juga telah dijelaskan di  dalam Al-Qur'an dan juga hadist dan ada juga beberapa anjuran rasulullah yang termasuk kedalam sunnah, yang pasti akan sangat baik bila dilakukan.

       Islam juga mengajarkan dan membawa para pengikutnya kepada jalan yang baik dan benar, bahkan untuk masalah gaya hidup dalam islam juga sudah mengatur hal tersebut. Mulai demi terjaga kesehatan itu sendiri dan terhindar dari berbagai macam bahaya.

    Hal ini juga menunjukan bahwa agama islam memang menjadi agama yang rahmatan lil 'alamin dimana agama islam banyak membawa naslahat atau manfaat juga bagi manusia dengan diutusnya nabi muhammad saw. Oleh ALLAH SWT tentu sangat membantu manusia dalam mendapatkan hal yang terbaik dalam hidupnya.

       Gaya hidup sehat seakan menjadi hal yang jarang diperhatikan bahkan hampir seluruh sumber penyakit datang sebenarnya berasal dari gaya hidup yang tak sehat tersebut. Seperti penyakit stroke yang timbul karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah akibat dari menumpuknya lemak yang terlalu sering dikonsumsi.

Padahal salah satu cara menjaga kesehatan sesuai ajaran rasulullah adalah dengan tidak mengonsumsi berbagai makanan terlalu berlebihan, nah lalu bagaimana cara menjaga kesehatan sesuai anjuran rasulullah yang lainnya ?

   1. Tidak Makan Berlebihan
     Apabila makan terlalu berlebihan di khawatirkan akan menimbulkan berbagai kerugian seperti makanan. Justru tidak habis hingga mengalami mual dan mentah akibat kekenyangan.

   2. Berhentilah Makan Sebelum Kenyang
     Dan hal ini cukup ampuh menghindari dari berbagai penyakit yang bisa timbul,dan dilihat dari sisi medis berhenti makan sebelum kenyang dapat mencegah berbagai masalah pencernaan bisa sangat merugikan tubuh tentunya.

   3.Mengatur Porsi Makan
     Umat muslim dianjurkan menjaga makanan yang masuk ke dalam perut dengan mengatur porsi makan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x