Mohon tunggu...
Uswah Kumala
Uswah Kumala Mohon Tunggu... Lainnya - Fighting.

this too will pass.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Toleransi

27 Maret 2020   09:19 Diperbarui: 27 Maret 2020   09:25 4776
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Saya telah mewawancarai beberapa teman saya yang berbeda keyakinan dengan saya. 

Saya mengajukan beberapa pertanyaan mengenai toleransi dan penistaan agama di Indonesia. Pertanyaan pertama yang saya ajukan adalah "bagaimana menurut Anda tentang toleransi antar umat beragama di Indonesia saat ini?", teman saya menjawab bahwa toleransi agama di Indonesia sudah bagus, hal ini tentu tidak luput dari masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa dengan keberagaman. Hal ini tentunya membnetuk semangat toleransi orang Indonesia tentang agama. Oleh karena itu, kita bisa melihat masjid, gereja, pura, atau tempat ibadah lainnya yang saling berdampingan. Meskipun di Indonesia kasus intoleransi masih ada, namun hal ini masih bisa diselesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat. Tetapi, kita juga tidak bisa melupakan kasus-kasus besar intoleran agama di Indonesia, hal ini bisa kita jadikan pembelajaran di waktu yang akan datang.

Pertanyaan berikutnya yang saya ajukan adalah "bagaimana Anda menyikapi masalah penistaan agama di Indonesia?", dan di jawab, bahwa penistaan agama di Indonesia memang beberapa kali terjadi, namun hal ini harus kita sikapi dengan cara lapang dada dan saling hormat antar umat beragama, saling mengerti dan menghormati agama yang lain, tidak memetingkan kepentingan diri sendiri, dan tetap menjujung tinggi toleransi.

Pertanyaan terakhir yang saya ajukan adalah "hal apa yang diperhatikan untuk mewujudkan toleransi antar umat beragama di Indonesia?", lalu dijawab dengan tidak egois dan menyadari bahwa perbedaan itu indah. Saling mengerti akan perbedaan masing-masing agama. Sebaiknya jangan terlalu fanatik.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari wawancara ini adalah, toleransi adalah hal yang penting di Indonesia dengan agama yang banyak. Hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan toleransi dengan saling mengerti, menghormati, dan menghargai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun