Mohon tunggu...
Arifin Usman
Arifin Usman Mohon Tunggu... -

Hospitality Law

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

B E S A N A N

9 Juni 2014   21:37 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:30 1602 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Dalam perjalanan hidup seorang manusia, dimana menurut sunahnya kita dijadikan sebagai makhluk sosial yang diciptakan berpasang-pasangan, ada siang ada malam, ada laki-laki dan ada perempuan ada ibu dan ada ayah dst.


perjalanan hidup itu kemudian akan menjalani fase pernikahan, dimana seorang laki-laki atau perempuan dewasa akan menemui pasangan hidupnya dan menyatakan sama-sama siap untuk menghabiskan masa hidupnya berdua, maka yang terjadi adalah mereka bertunangan dan menikah, istilah anak mantu, mertua, besan dan ipar pun timbul kemudian.


dalam menghadapi sebelum pernikahan dan ijab qabul disebutkan istilah besan atau orang tua dari mempelai diluar keluarga kandung kita disebut besan, biasanya nantinya putera / puteri kita akan memanggil orang tua dari pasangannya dengan istilah mertua walaupun agama mengajarkan kita jika orang tua isteri atau suami kita adalah orang tua.


acara pernikahan umumnya di awali dengan istilah palang pintu atau sambutan dari keluarga besan untuk mengatakan maksud kedatangannya dan dilanjutkan dengan sambutan penerimaan dari orang tua kita atau yang diwakili untuk menerima nya. setelah itu di terima apapun yang dibawa dalam wujud seserahan dan dimulailah dengan ijab qabul setelah di bacakan alquran atau sholawat.

ya besan merupakan orang tua kedua kita setelah orang tua, mereka berperan sebagai penasihat perkawinan kita dan membantu kita menemukan jalan keluar dalam menghadapi rintangan dalam perkawinan kita. besanan artinya menyatukan kedua keluarga besar dengan ikatan suci perkawinan dimana disatukannya dua manusia beda jenis untuk membangun rumah tangga bersama.


dedicated for my sister 8/6/2014

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan