Mohon tunggu...
Urip Widodo
Urip Widodo Mohon Tunggu... Peg BUMN - Write and read every day

Senang menulis, membaca, dan nonton film, juga ngopi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Cara Mengembangkan Pikiran Positif

13 April 2024   07:00 Diperbarui: 13 April 2024   07:20 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: dokpri, drawn by ai

Tulisan hari kedua tentang bagaimana menjadi pribadi bahagia dengan optimis setiap hari

Pikiran positif adalah kunci untuk menjalani kehidupan dengan tenang dan bahagia. Ketika kita mampu melihat sisi terang dari setiap situasi, kita dapat mengatasi tantangan dengan lebih baik. 

Walaupun mengembangkan pikiran positif bukan hal mudah, terutama dalam dunia yang penuh dengan tekanan dan ketidakpastian. Namun, dengan kesadaran dan latihan yang konsisten, kita bisa melatih pikiran kita untuk berpikir positif. Berikut adalah beberapa cara untuk mengembangkan pikiran positif:

Selalu Bersyukur

Salah satu kunci untuk mengembangkan pikiran positif adalah dengan selalu bersyukur. Ketika kita menghargai hal-hal kecil dalam hidup kita, kita akan lebih mampu melihat sisi positif dari setiap situasi. Seperti yang diungkapkan oleh Melody Beattie, "Gratitude unlocks the fullness of life. It turns what we have into enough, and more." Dengan bersyukur kita akan selalu merasa cukup, bahkan lebih dari cukup.


Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, "Jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (Q.S. Ibrahim: 7)

Baca juga: Siapa Juara Sejati?

Hindari Apapun yang Negatif

Menghindari pengaruh negatif dari lingkungan sekitar juga sangat penting dalam mengembangkan pikiran positif. Hindarilah percakapan yang memicu kecemasan atau kemarahan, dan jauhi orang-orang yang sering menyebarkan energi negatif. Sebagaimana yang dikatakan oleh Dalai Lama, "Choose to be optimistic, it feels better."

Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk bersikap antisipatif dengan memilih circle pertemanan, "Seseorang itu bersama dengan orang yang dicintainya (di akhirat kelak)."

Menumbuhkan Mental Positif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun