Mohon tunggu...
Urip Widodo
Urip Widodo Mohon Tunggu... Lainnya - Write and read every day

Senang menulis, membaca, dan nonton film, juga ngopi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kebaikan Menurut Al-Quran

8 Agustus 2022   15:54 Diperbarui: 8 Agustus 2022   16:00 169 11 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
salah satu ayat tentang kebaikan/sumber: demicoco

Kompasianer yang selalu berbahagia, kali ini saya akan membahas tentang pengertian baik (kebaikan) dalam Al-Quran. Tapi sebelumnya mohon maaf, ya, bukan bermaksud sok tahu, bukan mau menggurui. Kebetulan saya sedang mempelajari ini jadi sekalian saja dibuat tulisan untuk Kompasiana. Semoga saja ada yang akan menambahkan atau mengoreksi.

Diksi untuk kebaikan di dalam Al-Quran tidak hanya satu atau dua, tetapi ada enam. Ini menunjukkan kebaikan adalah inti dari ajaran Islam. Sehingga sangat tidak tepat kalau menganggap Islam adalah ajaran yang radikal, sangar, tidak toleran, membolehkan terorisme, dan sebutan-sebutan lain yang berlawanan dengan arti kebaikan.

Untuk memahami kebaikan yang dimaksud dalam Al-Quran, mari kita kaji satu-persatu ke enam diksi untuk kebaikan tersebut.

#1 Thayyib

Kata Thayyib mempunyai makna segala sesuatu yang dianggap baik oleh fisik dan jiwa atau segala sesuatu yang tidak mengandung unsur sifat tercela dan menjijikkan, serta menunjukkan kualitasnya 'baik' untuk benda, termasuk untuk manusia.

Ada empat ayat dalam Al-Quran yang menyandingkan kata Thayyib dengan kata Halal pada makanan (Halaalan Thayyiban), yaitu

Al-Baqarah ayat 168

Al-Maaidah ayat 88

Al-Anfal ayat 69

An-Nahl ayat 114

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan