Mohon tunggu...
Urip Widodo
Urip Widodo Mohon Tunggu... Pensiunan yang ingin terus menulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Berusaha menuliskan apa saja yang bermanfaat, untuk sendiri, semoga juga untuk yang lain

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Waspadai Virus Ramadan

14 April 2021   06:21 Diperbarui: 14 April 2021   13:52 383 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspadai Virus Ramadan
Sumber: depositphotos.com

Setahun lebih virus Covid-19 telah menjadi momok bagi umat manusia. Jutaan nyawa melayang diakibatkan olehnya. Sementara jutaan lainnya harus mengasingkan diri. Dan, sampai sekarang belum jelas kapan si virus ini akan menghilang.

Bagi sebagian orang, terutama yang pekerjaannya bergelut dengan komputer, sebelum virus Covid-19 ini mewabah, telah sering merasakan jahatnya sebuah virus. Ya, virus komputer.

Siapapun tentu akan jengkel, marah, mangkel kalau file-file hasil kerja berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan, hilang atau rusak gara-gara komputer kita terjangkiti virus. Terkadang bukan file dokumen yang hilang atau rusak, tetapi sistem atau software pun rusak.

Ramadhan adalah bulan mulia yang penuh dengan keberkahan. Berkah pengertian secara sederhana adalah menimbulkan nilai tambah, melebihi nilai intrinsiknya.

Bulan Ramadhan tidak berbeda dengan sebelas bulan yang lainnya dari sisi jumlah hari. Sama juga dari sisi aktivitas yang dilakukan oleh kita. Satu bedanya di bulan Ramadhan kita beribadah puasa.

Namun, keberkahan yang diberikan Allah Swt kepada bulan Ramadhan, menjadikan bulan ini sangat sangat dan sangat istimewa dibandingkan dengan bulain lainnya.

Bagaimana tidak. Di bulan ini pintu-pintu surge dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Seolah memberi peluang kepada kita untuk dimudahkan memasuki surge dan dipersulit masuk neraka. Ditambah lagi syetan-syetan dibelenggu.

Di bulan ini pula Allah Swt membuka pintu maaf selebar-lebarnya. Memberi kesempatan kepada untuk bertobat, menghapus noda-noda dosa yang kita lakukan selama sebelas bulan sebelumnya.

Dan, yang teristimewa dari beberapa keistimewaan bulan Ramadhan adalah Allah Swt melipatgandakan pahala ibadah kita. Ibadah sunah yang kita lakukan, pahalanya Allah Swt setarakan dengan ibadah wajib di bulan lain. Lalu, ibadah wajib yang kita laksanakan, pahalanya dilipatgandakan. Berapa? Sekehendak Allah Swt. Bisa seratus kali lipat, bisa juga beribu-ribu kali lipat. Khususnya di sepuluh malam terakhir. Allah Swt memberi peluang kepada kita untuk mendapatkan pahala setara seribu bulan. Sesuatu yang tidak akan kita dapatkan di bulan-bulan lain.

Tetapi kita harus waspada. Walaupun syetan-syetan di belenggu, pasukan atau anak buahnya berserta senjatanya terus bergerilya menggoda kita untuk tidak mendapatkan keistimewaan tersebut. Mereka berusaha melalaikan kita, sehingga kita tidak memperoleh apa-apa. Mereka bagaikan virus yang akan merusak atau menghilangkan pahala yang telah kita peroleh

Ada beberapa virus Ramadhan yang mengancam pahala-pahala kita hilang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN