Mohon tunggu...
Urfa Zuyina Alfarisi
Urfa Zuyina Alfarisi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

rawe-rawe rantas malang-malang putung

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Skill Teamwork; Bekal Wajib Menghadapi Job Masa Depan

17 Juli 2021   07:56 Diperbarui: 17 Juli 2021   08:29 72 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Skill Teamwork; Bekal Wajib Menghadapi Job Masa Depan
kerja tim

Dalam sebuah webinar yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada kamis (15/7) menghidangkan tema tentang teamwork dan oleh pemateri lebih dispesifikan lagi menjadi "Pengembangan Skill Bekerja Tim Adalah Soft Skill Untuk Bekerja Di Masa Depan." Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi kita semua sebagai makhluk sosial yang tidak bisa bekerja secara individu. Materi ini disampaikan oleh Daniel Ari Widhiatama beliau adalah salah satu dosen PBI (Pendidikan Bahasa Inggris) di UMBY (Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Dalam pengertiannya Skill Teamwork adalah kualitas dan kemampuan yang memungkinkan anda untuk bekerja dengan baik bersama oran lain dalam hal komunikasi, pekerjaan, rapat, atau kerjasama lainnya. Dalam hal ini ditekankan dalam kualitas dan kemampuan dimana dua hal ini adakah dua hal yang masing -- masing dari kita bisa diajarkan dan diasah, jadi sangat mungkin yang tidak memiliki kualitas dan kemampuan dalam hal ini akan menjadi seorang yang berkualitas dan mahir  kemampuan nya setelah diberi pembelajaran dan pelatihan terkait hal itu. Maka bagi anda yang minder karena kurang dalam dua hal itu, bacalah artikel ini untuk sedikit membantu meningkatkan kualitas dan kemampuan anda yang tentunya akan membantu anda untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam kerja tim yaitu

1) Komunikasi. Dalam bekerja tim kita harus memiiki bekal yang cukup dalam berkomunikasi yang baik, entah dengan partner kerja kita maupun dengan klien yang berhubungan dengan pekerjaan kita, karena hal ini sangat menunjang kesuksesan dalam bekerja, komunikasi yang baik akan menghasilkan pekerjaan yang baik pula.

2) Brain Storming hal ini juga biasa disebut curah pendapat yaitu teknik kreativitas dalam memecahkan sebuah masalah tertentu dengan bantuan gagasan dari anggota kelompok secara sepontan, mudahnya kita berkumpul dalam satu waktu untuk mencari solusi dari sebuah masalah.

3) Kecerdasan Emosional. Adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol diri sendiri dan juga orang lain disekelilingnya, dalam kemampuan ini kita mengharap akan informasi  suatu hubungan dari partner kerja kita.

4) Problem Solving adalah menyelesaikan atau memecahkan sebuah masalah dan ini adalah bagian dari proses berfikir, hal ini sudah menjadi sebuah kewajiban dimasing-masing anggota.

5) Majanemen Waktu hal ini menjadi sebuah kewajiban yang harus anda miliki dan anda terapkan disetiap aktivitas anda terlebih negara kita yang terkenal dengan jam karet nya maka anda jangan sampai termakan oleh mindset tersebut dengan meningkatkan kemampuan kita dalam memanajamen waktu agar lebih produktif.

6) Critical Thinking atau disebut berfikir kritis adalah sebuah konsep merespon sebuah pemikiran yang kita terima dengan respon yang terkonsep dan sistematis hal ini akan melahirkan keputusan yang baik dan logis hasil dari informasi yang diserap dan dicerna  sesuai kemampuan kita.

kerja tim
kerja tim

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN