Mohon tunggu...
Faby Uran
Faby Uran Mohon Tunggu... Petani -

aku anak Petani, rindu kembali menjadi Petani, membangun kampung halaman.\r\nDengan menulis, kubingkai potret kehidupan berpanorama sudut waktu antara garis pantai dan bukit ladang, kudendangkan sekuat deburan ombak, mewartakan kearifan Lokal yang harus dilindungi, kuletakan jiwaku di belantara pencaharian ini untuk generasi selanjutnya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mulok Terintegrasi

21 Agustus 2015   18:15 Diperbarui: 21 Agustus 2015   18:19 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

KONSEP PAPER

STRATEGI PENGUATAN MUATAN LOKAL YANG TERINTEGRASI DAN SINERGIS ANTARA SMPK ILEBURA DAN PEMERINTAHAN DESA BIRAWAN DALAM KEGIATAN PELATIHAN PENGOLAHAN KACANG MENTE DAN TERNAK BABI

(sebuah upaya Strategis Program Gapoktan Orin Bele Peningkatan Kualitas Pemasaran Bersama Komoditi Petani dan Semangat Enterpeneurship bagi Remaja)

 

1. Pendahuluan Pendidikan adalah Proses menghantar anak dari ketidaktahuan menuju sebuah pemahaman akan hidup dan nilai-nilai kehidupan. Proses menghantar adalah seni menawarkan anak-anak tentang aneka pilihan hidup dengan nilai-nilai kehidupan. Melaluinya anak-anak belajar untuk memiliki tujuan hidup yang jelas, mempunyai gambaran yang jelas bahwa pada tahun sekian ia akan berbuat sesuatu bukan sekedar berkutat pada cita-cita ingin jadi apa tetapi “ akan menjadi apa dan berbuat apa pada tahun sekian. Muatan lokal merupakan jembatan strategis untuk menterjemahkan arah dan mimpi anak-anak dalam meretas masa depan mereka. Melalui managemen muatan lokal yang terintegrasi dan sinergis, anak-anak belajar memahami tentang siap dirinya dalam konteks sosial budaya lokal, potensi-potensi lokal yang darinya dapat ia kembangkan menjadi sebuah media pembelajaran untuk keterlibatannya dalam tata kelola pemerintahan dan kemasyarakatan. Dalam bahasa H.A. R Tilaar disebut sebagai civil society atau masyarakat madani. Dikatakan bahwa “ suatu masyarakat madani adalah suatu masyarakat di mana setiap anggotanya adalah manusia yang bebas dari ketakuatan, bebas berekspresi, bebas untuk menentukan arah kehidupannya di dalam wadah persatuan dan kesatuan sosial” ( H. A. Tilaar. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional.1998, hal.25). dan ini hanya dapat dicapai melalui pendidikan. Lembaga Pendidikan SMPK Ilebura sebagai warisan dari tokoh Pendidik, Almarhum Pater Lamen Uran, SVD telah membuktikan dirinya dalam hitungan sejarah sebagai lembaga pendidik yang menyumbang kemajuan masyarakat, bangsa dan negara bahkan juga bagi dunia dalam sosok Pater Markus Solo Kewuta, SVD. SMPK Ilebura dalah potret kekuatan Masyarakat Madani, yang bergerak dalam keterbatasan sebagaimana spirit kaul kemiskinan, terus belajar memberi yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan Gereja. Sejarah perjalanan Lembaga ini semestinya dipotret lebih luas bagi pemangku kebijakan untuk menaruh perhatian lebih agar lembaga ini terus bertumbuh dalam segala aspek demi kemajuan pembangunan Bangsa, Gereja dan Lewotana. Untuk itu, pendekatan penguatan muatan lokal di lembaga ini merupakan sebuah keterpanggilan untuk menjawab sasaran pembangunan menuju masyarakat madani yang mandiri.

2.Permasalahan Sebagai sebuah jembatan yang strategis, muatan lokal belum dikembangankan menjadi sebuah metode pembelajaran yang menggairahkan anak-anak untuk mempunyai wawasan berwirausaha. Banyak potensi wilayah yang belum disadari oleh generasi mudah sebagai sebuah warisan yang sangat kaya akan nilai, baik dari segi filosofi, sosial budaya juga secara ekonomis.

     Dalam penjabaran, muatan lokal umumnya hanya dilakukan sekedar memenuhi tuntuan kurikulum saja tetapi sangat jauh dari sebuah rancangan strategis, terintegrasi serta sinergis dengan semuah pihak. Muatan lokal hanya menjadi sebuah pembelajaran di sekolah dan bukan sebagai sebuah wadah darinya anak-anak belajar menggali dan mengembangkan potensi di wilayah mereka. Akibat dari ini adalah banyak anak setelah tamat SMP atau SMA tidak mempunyai keterampilan dan akhirnya umumnya lebih memilih bekerja di luar negeri ( Malaysia) sebagai TKI yang umumya TKI Ilegal.

Dari Aspek pengembangan wilayah Kecamatan Ilebura dalam sektor ekonomi, tantangan yang dihadapkan adalah meningkatkan kualitas produk dan nilai tambah dari komoditi mente. Satu sasaran yang ingin dicapai melalui program pemasaran bersama komoditi petani yakni mente adalah pengolahan mente gelondongan menjadi kacang mente. Untuk itu diperlukan pendekatan yang strategis yakni membangun kerjasama dengan sekolah untuk pengembangan peralatan pengolahan kacip mente sekaligus melatih para siswa untuk memiliki keterampilan dalam pengolahan mente gelondongan.

Lemahnya rancangan implementasi Mulok di sekolah-sekolah disebabkan oleh beberapa hal yakni

: 1) Rendahnya kreativitas pihak sekolah dalam merancang mulok

2) Tidak adanya design kerja yang terintegrasi dengan pihak komite, masyarakat dan pemerintah 3) Kurang atau tidak ada alokasi dana untuk pengembangan muatan lokal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun