Mohon tunggu...
Rudy
Rudy Mohon Tunggu... Administrasi - Digital Marketplace Enthusiast

Omnichannel, E-Commerce, and Digital Marketing Enthusiast.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Mengintip Masa Depan Omnichannel dan Marketplace

6 Januari 2022   14:53 Diperbarui: 20 Januari 2022   18:22 510 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Sistem Omnichannel (Sumber: UPFOS, upfos.co.id)

Setiap tahunnya, e-commerce atau marketplace selalu berkembang pesat karena sangat memudahkan customer untuk berbelanja dan memudahkan penjual untuk mengembangkan bisnisnya. Penting sekali untuk bisa mengetahui bagaimana cara mengelola pesanan banyak dengan cepat dan efisien seperti menggunakan sistem multichannel atau omnichannel.

Dengan adanya sistem seperti omnichannel, semua pekerjaan akan terpusat di dalam satu sistem dan menjadi mudah untuk tim dalam mengelola data dan mensortir setiap pekerjaan dengan lebih cepat.

Belanja Jadi Lebih Mudah untuk Customer

Dengan adanya sistem pembayaran digital, customer dapat duduk manis di rumah sembari menunggu pesanannya sampai tanpa harus mengeluarkan ongkos dan tenaga untuk berbelanja. Namun sayangnya, pembeli tidak bisa memegang langsung barang yang dibeli sehingga kadang sering terjadi pembeli menerima barang dalam kondisi rusak atau tertukar.

Mudah Meraih Customer Baru

Pengguna internet yang terbilang cukup banyak di Indonesia, sangat memungkinkan pemilik bisnis online dapat meraih lebih banyak audiens melalui social media dan marketplace. Tetapi, interaksi langsung dengan customer menjadi terbatas dan memungkinkan terjadi miss komunikasi ketika berbelanja.

Cost Operasional Lebih Murah

Tidak perlu repot untuk membayar sewa toko dan pegawai yang tentunya memakan biaya lebih besar ketimbang membayar domain dan maintenance website. Tentunya harganya tidak murah juga, namun pendapatan yang masuk bisa lebih besar hingga 2 kali lipat daripada penjualan offline. 

Kekurangannya adalah, teknologi di sini menjadi memiliki pengaruh yang cukup besar ketika berjualan. Misalnya saat website down, transaksi pembeli pasti akan terhenti dan jadi tidak bisa berbelanja sementara waktu hingga website dapat digunakan Kembali. 

Salah satu sistem omnichannel yang dapat diandalkan untuk mengelola berbagai toko di marketplace adalah UPFOS, dimana sistem omnichannel ini sudah terhubung dengan praktis ke berbagai platform marketplace ternama yang ada di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BliBli, dan Bukalapak.

Gimana menurut kalian? Ada pendapat lain? Ayo share di sini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan