Mohon tunggu...
Undang Koswara
Undang Koswara Mohon Tunggu... Guru

Teacher, Penulis, Pembicara seminar, MC, Moderator, Pelatih Renang, Wasit Juri Pencak Silat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bahagialah untuk Mencapai Kebahagian dan Kesuksesan

18 Oktober 2019   18:16 Diperbarui: 18 Oktober 2019   18:18 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bahagialah untuk Mencapai Kebahagian dan Kesuksesan
Kebahagiaan Besama Siswa

Manusia yang hidup pasti menginginkan hidupnya bahagia, pengertian bahagia ketika ditanyakan pada orang berbeda-beda pendapat tentang arti bahagia itu sendiri. Ada yang mengatakan bahwa kebahagiaan itu apabila mempunyai uang yang banyak, ada juga yang mengatakan bahagia itu apabila mempunyai karir yang yang baik, serta ada  yang berpendapat apabila mempunyai pasangan yang cantik atau pasangan yang tampan dan lain-lain. 

Pengertian bahagia yang berbeda dari setiap orang itu didasarkan pada pengalaman masing-masing, mungkin yang mendefinisikan kebahagiaan dengan uang yang banyak dikarenakan ia melihat disekelilingnya banyak orang yang berduit bisa hidup terlihat senang memakai mobil mewah, punya rumah yang besar, asetnya dimana-mana serta bis a berkeliling dunia. 

Orang yang menafsirkan kebahagiaan dengan karir yang bagus mungkin dia melihat di lingkungan banyak orang yang karirnya baik terlihat bahagia mendapatkan gaji yang besar, promosi jabatan, dapat penghormatan dari rekan-rekan kerjanya dan sering berkeliling luar kota atau luar negeri dengan gratis sebab melaksanakan tugas. 

Orang yang menafsirkan kebahagiaan dengan mendapatkan pasangan yang cantik atau tampan mungkin dia berfikir bahwa mendapatkan  pasangan yang cantik atau tampan itu merupakan pencapaian yang prestesius.

Sebab meraihnya itu tidaklah mudah dia harus bersaing dengan para saingannya yang ingin mendapatkannya dan mempunyai pasangan yang cantik atau tampan itu enak dibawa jalan-jalan sehingga mendapat pujian dari rekan-rekannya bahwa dia hebat bisa mendapatkan pasangan yang baik.

Penafsiran yang berbeda-beda akan kebahagiaan itu sah-sah saja sebab itu merupakan hak pribadi masing-masing. Tujuan hidup manusia pada intinya adalah ingin bahagia, dalam ajaran islam selalu dipanjatkan dalam doa sapujagad "Ya Allah berikanlah kebahagiaan di dunia dan di akhirat dan jauhkanlah dari api neraka". 

Doa tersebut sering dibacakan oleh umat islam bahkan dalam majlis-majlis atau pertemuan doa itu menjadi doa wajib. Makna doa itu mengajarkan kita bahwa tujuan inti hidup kita itu adalah bukan hanya bahagia dunia saja melainkan kebahagian itu harus sampai di akhirat. 

Pada intinya manusia itu terdiri dari jiwa dan raga, mungkin kebahagian bisa diukur dari dua hal tersebut yaitu terpenuhinya kebutuhan jiwa dan raga dan paling penting kebahagiaan itu adalah merasakan ketenangan hati. 

Setelah mengetahui tujuan hidup kita adalah bahagia maka kita harus memperjuangan kehidupan bahagia tersebut, banyak cara orang memperjuangkan kebahagiaan, mencapai kebahagian itu harus dengan kebahagian dahulu sebab seseorang yang bahagia dia akan melaksanakan banyak hal secara totalitas sehingga nantinya ia bisa mencapai keberhasilan. Ada beberapa hal kita menciptakan dulu kebahagiaan untuk mendapatkan kebahagiaan diantaranya:

1. Bersyukur

Bersyukur akan menjadikan kita hidup tenang, keadaan apa pun diri kita harus senanan tiasa bersyukur, manusia harus senan tiasa bersyukur disebabkan karena manusia itu layak bersyukur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x