Mohon tunggu...
UmsidaMenyapa1912
UmsidaMenyapa1912 Mohon Tunggu... Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kami hadir untuk memberikan berbagai informasi tentang Umsida dan isu-isu menarik lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Mahasiswa Umsida Diajak Aktif untuk Bersuara Terkait Pelayanan Publik Pemkab Sidoarjo

25 Juni 2025   12:49 Diperbarui: 25 Juni 2025   12:49 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Sidoarjo mengajak mahasiswa untuk bersuara terkait hak-hak mereka dalam hal pelayanan publik.

Lihat juga: Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama

Hal tersebut dilaksanakan dalam bentuk diskusi bersama bertajuk Soal Layanan Publik : Kenali SP4N Lapor!, Call Center, dan PPID "Jadi Mahasiswa Melek Informasi, Berani Suara, Peduli Pelayanan Publik".

Mengundang salah satu Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, Founder Explore Sidoarjo, dan beberapa pihak Diskominfo sebagai narasumber, kegiatan ini dilaksanakan di Aula KH Mas Mansyur dan dihadiri sekitar 250 mahasiswa.

Pentingnya Literasi Pelayanan Publik di Kalangan Mahasiswa

Dok Humas Umsida
Dok Humas Umsida

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sidoarjo, M Wildan SS mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai ruang belajar dan diskusi santai namun bermakna.

"Kami ingin mengenalkan kepada mahasiswa tentang hak-hak mereka dalam layanan publik, serta sarana apa saja yang bisa digunakan untuk menyampaikan aspirasi, laporan, dan permintaan informasi," terangnya.

Lantas, ia menjelaskan lebih rinci maksud dan tujuan menggandeng Umsida dalam menggelar diskusi ini. 

Yang pertama, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan literasi mahasiswa terkait layanan pengaduan dan informasi publik dan mendorong penggunaan SP4N LAPOR!, Call Center, dan PPID oleh kalangan akademisi.

"Kami juga ingin menumbuhkan semangat partisipasi public dalam pengawasan pelayanan publik serta memperkuat sinergi pemerintah dan mahasiswa dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik," tuturnya dalam memaparkan laporan kegiatan.

Melalui SP4N-LAPOR!, Call Center, maupun PPID, ia mengatakan bahwa  sebagai warga negara, khususnya mahasiswa, memiliki peran penting dalam mengawasi dan ikut serta dalam membangun pelayanan publik yang lebih baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun