Mohon tunggu...
UmsidaMenyapa1912
UmsidaMenyapa1912 Mohon Tunggu... Freelancer - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kami Instansi yang bergerak di bidang pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa PAUD Umsida Pelajari Tadika Universiti Malaya Malaysia

3 Mei 2024   08:32 Diperbarui: 3 Mei 2024   08:35 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam upaya untuk memperdalam pemahaman mereka tentang pendidikan anak usia dini, beberapa mahasiswa dari Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) telah melaksanakan kegiatan internasional student exchange ke University Malaya, Malaysia Selasa (30/04/2024).

Mahasiswa Umsida Observasi Tadika UM Malaysia

Kegiatan observasi ini juga didampingi oleh dosen dari prodi PGSD yaitu Fitri Wulandari SPd MPd dan Prodi Psikologi yaitu Ghozali Rusyid Affandi SPsi MA.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah observasi mendalam terhadap Tadika (Taman Kanak-Kanak) di Universiti Malaya (UM). Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama internasional antara Umsida dan UM yang bertujuan untuk menggali praktik terbaik dalam pendidikan anak usia dini.

Dalam observasi yang dilakukan, para mahasiswa fokus pada beberapa aspek kunci dalam pengelolaan dan pembelajaran di Tadika UM. Mereka memperhatikan dengan seksama fasilitas yang dimiliki oleh Tadika, yang membagi setiap tahapan kelas sesuai dengan usia perkembangan siswa. Hal ini memungkinkan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan individu anak.

Baca juga: Pelantikan dan Sumpah Profesi ke-XII FIKES Umsida, Lulusan Harus Berkualitas dan Profesional

Selain itu, para mahasiswa juga mengamati dengan teliti cara mengajar pada setiap tahapan perkembangan. Mereka menemukan bahwa pendekatan yang digunakan didasarkan pada pemahaman mendalam tentang karakteristik perkembangan anak, sehingga memastikan metode pengajaran yang relevan dan efektif.

Salah satu hal yang menarik yang diamati oleh para mahasiswa adalah pendekatan pembelajaran yang menyenangkan di Tadika UM melalui berbagai permainan yang menarik, huruf kapital diperkenalkan kepada siswa dengan cara yang menyenangkan dan menarik minat belajar mereka.

Dr Mohd Nazri Bin Abdul Rahman, seorang dosen dari UM yang mendampingi kegiatan observasi, menjelaskan bahwa pendekatan pembelajaran di Early Childhood Education Centre (Taska, Tadika dan Transit) UM memang mengacu pada tahap perkembangan siswa.

Ini tercermin dari pembagian kelas sesuai dengan usia perkembangan, yang merupakan praktek yang sangat relevan dan efektif. Guru-guru yang turut serta dalam kegiatan observasi ini juga menggaris bawahi pentingnya pelatihan khusus yang mereka terima, yang menekankan stimulasi tahap perkembangan sesuai dengan kurikulum Permata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun