Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Timnas Argentina dan sepak bola Argentina

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Indonesia Lolos, Thailand dan Malaysia Gagal

11 Juni 2024   23:24 Diperbarui: 12 Juni 2024   04:05 521
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Indonesia. (Dok pssi dipublikasikan kompas.com)


Indonesia memastikan lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Sementara, Thailand secara menyakitkan tersingkir. Adapun Malaysiajuga tersingkir. Hanya Indonesia tim dari Asia Tenggara yang lolos ke babak tiga. Australia juga lolos. Sekalipun secara sepak bola mereka masuk Asia Tenggara tapi secara geografis mereka bukan Asia Tenggara.

Indonesia memastikan lolos ke babak tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zon Asia setelah mengalahkan Filipina 2-0, Selasa (11/6/2024). Kemenangan Indonesia melalui gol Thom Hayed an Rizky Ridho. Kemenangan itu membuat Indonesia memiliki 10 poin dari enam pertandingan.

Dengan 10 poin itu, Indonesia memastikan ada di posisi runner up grup F. Vietnam yang ada di posisi tiga sudah tidak mungkin mengejar Indonesia. Jika Vietnam menang atas Irak pun, nilai mereka hanya akan 9.

Indonesia menemani Irak ke babak tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Ini jadi pencapaian luar biasa bagi Indonesia. Sebab, dalam 30 tahun terakhir, Indonesia hanya sering mentok di fase satu atau dua kualifikasi Piala Dunia.

Sementara, Thailand tak mampu memanfaatkan keuntungan. Mereka hanya menang 3-1 atas Singapura. Padahal, Thailand sudah "dibantu" Korea Selatan. Korea Selatan mengalahkan China 1-0. Maka Thailand perlu menang dengan selisih tiga gol atas Singapura.

Kesempatan menang dengan selisih tiga gol sebenarnya terbuka. Sebab, Thailand main di kandang sendiri. Tapi Thailand tak mampu memanfaatkan momen tersebut.

Alhasil Thailand menang 3-1. Dengan begitu, maka Thailand dan China sama-sama memiliki 8 poin dan selisih gol 9-9. Tapi China berhak ke babak tiga karena memiliki head to head lebih baik dari Thailand.

Sementara Malaysia yang berusaha menang dengan skor 8-0, hanya menang 3-1. Malaysia gagal lolos babak ketiga karena Oman seri lawan Kirgistan.

Dengan begitu Malaysia hanya di posisi tiga klasemen akhir. 

Babak Tiga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun