Mohon tunggu...
Umi Lestari
Umi Lestari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Biduran dan Gatal Sembuh Dengan 3 Bahan Ini

12 Mei 2024   13:46 Diperbarui: 12 Mei 2024   14:25 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Temu lawak dan tumbuhan meniran yang berkhasiat untuk obat (dokpri)

Biduran bisa dialami oleh siapa saja, baik anak kecil maupun orang tua. Pun tidak memandang jenis kelamin. Biduran sering dialami karena reaksi atas sesuatu misal obat, makanan, minuman, udara dingin atau panas dan yang lainnya. Gejala biduran adalah keluarnya bentol-bentol yang gatal di permukaan kulit.

Pada waktu masih kuliah di Malang, saya sering mengalami biduran. Menurut saya Malang saat itu sangat dingin, lebih dingin kota kelahiran saya, Madiun. Setiap pagi saat berolah raga bersama teman-teman kost, saya selalu biduran. Kaki dan tangan saya gatal-gatal. Biasanya bentolnya memudar dan lenyap seiring dengan semakin panas udara pagi menjelang siang. Tapi bila gatalnya sangat mengganggu, saya minum obat biduran dari apotek.

Sekitar 3 bulan yang lalu saya mengalami biduran lagi. Bukan pagi, tapi hampir setiap malam saat udara dingin. Jadi pada waktu malam dipastikan sering memakai bedak untuk mengatasi gatal biduran.

Ketika mengobrol dengan seorang teman, saya diberitahu ramuan alami untuk mengobati biduran. Bahkan agar biduran tidak kambuh lagi. Segera saya catat bahan-bahannya untuk saya beli dipasar. Ternyata hanya 3 bahan saja, tapi katanya sangat efektif untuk mengatasi biduran dan gatal-gatal. Yaitu temu lawak, asam jawa dan daun meniran.

Saya berencana akan membeli temu lawak keesokan harinya saat berbelanja ke pasar. Namun saat saya ceritakan ke suami, dia malah tertawa lebar. Ternyata di kebun belakang rumah saya, sudah ada tanaman temu lawak dan empon-empon lainnya. Suami siap mengambilkan umbinya.


Daun 'meniran' juga banyak tumbuh liar dikebun, tinggal cabut. Asam jawa sudah ada stok didapur untuk memasak. Alhamdulillah, tidak usah beli, semua bahan sudah ada dirumah. Tinggal mengolahnya.

Temu lawak, dikupas dan diiris-iris tipis. Lalu masukkan ke dalam air. Tambahkan asam jawa dan daun meniran. Ingat, daun meniran itu rasanya pahit maka jangan terlalu banyak. Secukupnya saja disesuaikan dengan bahan yang lain. Setelah direbus dan air menyusut, saring airnya ke dalam gelas. Tunggu agak dingin lalu diminum. Pahit sedikit tak apalah.

Saya hanya minum sekali, namun keesokan harinya biduran saya tidak kambuh lagi. Alhamdulillah, sampai hari ini saya tidak biduran lagi walau udara malam hari sangat dingin.

Suatu hari ketika suami mengeluh badannya gatal-gatal karena biang keringat saat udara panas, saya berinisiaptif membuatkan ramuan serupa. 

Alhamdulillah, gatalnya sembuh setelah minum ramuan 3 bahan herbal tadi. Memang temu lawak, daun meniran dan asam merupakan tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan. Berbagai manfaat didapatkan dari tanaman tersebut.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun