Mohon tunggu...
Ummi Syafirah
Ummi Syafirah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa ilmu komunikasi

Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Relasi Antar Bisnis

30 Desember 2020   16:05 Diperbarui: 30 Desember 2020   16:07 559
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Bisnis" merupakan individu atau sekelompok orang yang menjual barang atau jasa kepada konsumen agar bisa saling menguntungkan. Sedangkan Dalam kamus besar bahasa Indonesia "relasi" artinya adalah "hubungan"   "orang banyak" yang bisa disimpulkan bahwa relasi merupakan hubungan dengan orang banyak.

Dari bahasa inggris sendiri "business"  memiliki arti yaitu kesibukan, dan bisa dipahami bahwa kesibukan merupakan kegiatan yang dilakukan atau aktivitas dan pekerjaan yang dapat menguntungkan. Biasanya seseorang atau kelompok yang menjalankan bisnis memiliki konsep bisnis tersendiri, untuk mengembangkan bisnisnya, membuat visi dan misi bisnis, juga membuat rencana dari bisnis itu sendiri seperti mencari relasi.

Relasi bisnis merupakan hubungan yang terjalin dan berkaitan dengan bisnis, semua hubungan yang berkaitan dengan bisnis, hubungan dari luar ataupun hubungan dari dalam sudah bisa disebut sebagai relasi bisnis, biasanya awal mula relasi bisnis terjalin karena perkenalan ataupun penjelasan dari porfil suatu perusahaan yang akan dijadikan relasinya.

Biasanya ketika pembisnis ingin mendapatkan relasi mereka memiliki teknik - teknik tersendiri untuk meyakinkan relasinya, seperti lebih menonjolkan diri agar dapat menarik relasi, ketika ingin dibantu cobalah untuk membantu lebih dulu dan bisa jadi akan ada timbal balik atas kejadian ini, kemudian Proaktif untuk membuka diri dengan menampakan kemampuan saat membangun relasi, menggunakan Public Relations juga salah satu cara untuk mendapatkan relasi dimana seorang PR biasanya memang ditugaskan untuk membangun relasi yang baik dengan siapun agar mendapatkan hal ataupun opini positif secara luas terhadap suatu bisnis atau perusahaan yang bersangkutan.

Public Relations memilki peran penting dalam manajement untuk membrandingkan suatu bisnis, agar dapat menempuh tujuan yang sesuai dengan keinginan publik, kemudian bisa sama - sama menerima manfaat. Biasanya keberhasilan seorang PR dalam membrandingkan bisnis atau perusahaannya dapat menjadi poin positif bagi perusahaan mulai dari citra perushaan dan juga dapat meningkatkan sinergi fungsi pemasaran dari suatu bisnis itu sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun