Mohon tunggu...
Umi Kulsum
Umi Kulsum Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Andai Profesiku Sebagai Security Hotel

10 Agustus 2023   05:16 Diperbarui: 10 Agustus 2023   05:35 366
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Di era modern seperti sekarang ini hampir sudah tidak ada lagi profesi yang tidak bisa diduduki oleh seorang wanita.Salah satu profesi menantang yang sudah dikalahkan  oleh seorang wanita adalah ojol, saya pernah mendapat driver seorang ibu ketika pesan ojol on line, agak kaget karena drivernya adalah seorang ibu. 

Banyak alasan mengapa seorang ibu menjadi driver ojol. Hal yang paling mendasar sebagai seorang ojol wanita, harus kuat, berani, dapat menjaga martabatnya sebagai eorang wanita atau sebagai seorang ibu dan tentu saja harus mandiri.

Terinspirasi oleh profesi driver ojol wanita, maka seandainya saya diminta memilih profesi apa yang saya inginkan untuk bekerja di hotel  maka saya ingin menjadi security.  

Mengapa saya memilih menjadi seorang security bukan chef atau profesi yang umum disandang oleh seorang wanita, karena saya ingin tantangan dan mencoba prfoesi yang menantang dan yang membutuhkan kemandirian dan keberanian, tentu akan sangat menarik.  

Seorang security menurut saya juga merupakan salah satu profesi yang mulia, walaupun terkadang harus bekerja dengan shif  karenanya  merupakan profesi memiliki tugas yang cukup berat yaitu: Memastikan kenyamanan setiap tamu hotel  yang datang dengan selalu bersikap ramah dan santun; memastikan bahwa setiap tamu hotel yang datang selalu merasa aman selama menginap; menanggapi pertanyaan setiap tamu hotel dengan baik; melakukan peninjauan terhadap lokasi tugas untuk memastikan bahwa lingkungan tugasnya dalam kondisi aman; melakukan tugas sesuai shift kerja yang ditetapkan, melaksanakan kebijakan keamanan sesuai dengan peraturan undang - undang, menganalisis berbagai data statistik dan laporan untuk mengidentifikasi dan menentukan bagaimana membuat bangunan dan lahan yang aman serta nyaman; berusaha mengembangkan metode peningkatan kebijakan keamanan di lingkungan hotel; mampu bekerjasama dengan ti, jika ada petugas keamanan baru di hotel wajib membantu membimbing petugas keamanan baru tersebut; membuat laporan peristiwa, laporan kegiatan dan laporan kerja setelah selesai bertugas.

Menurut saya profesi sebagai security cukup menantang dan selalu bergerak sehingga akan menjadi  pribadi yang lebih sehat baik jasmani maupun rohaninya. saya walaupun seorang ibu tapi sejal kecil sudah ditempa dengan berbagai  pekerjaan fisik sebagai anak seorang petani, jadi bekerja keras, mandiri dan berani memimpin adalah hal yang melekat pada diri.  

Sebagai anak kampung, rumah orang tua cukup luas dengan halaman rumah luas baik di depan belakang samping kanan dan kiri sehingga tugas menyapu bukan hal yang  membuat malas, akan tetapi justru pekerjaan yang menyenangkan baik menyapu rumah maupun halaman, walaupun  halaman cukup luas  bukan hal yang memberatkan, tetapi senang karena halaman rumah menjadi bersih dan rapi , bekas goresan sapu lidi menjadikan halaman rapi dan indah.  

Jadi dengan mengambil profesi sebagai security saya yakin cocok, disamping postur tubuh tinggi dan tegap, saya yakin bisa menjadi security yang baik karena senang bekerja dan mengabdi untuk negri,

Jika seorang security hotel parameternya adalah harus memiliki sikap jujur, loyal dalam bekerja, disiplin, bertanggung jawab dan tentu saja harus dapat bekerja sama, insya allah semua syarat  itu dapat saya penuhi, selain itu saya sebagai security  juga wajib patuh terhadap berbagai macam aturan hotel, seelalu menggunakan seragam security ketika bertugas, karena saya berjilbab maka tetap berkerudung  dan menggunakan atribut security beserta lencana dengan lengkap tentu saja itu merupakan kebanggaan karena merupakan seragam yang harus dikenakan selama bertugas.

Saya harus bersedia jika harus bekerja secara bergantian baik bertugas siang maupun malam, harus dapat bekerja  profesional seandainya dipasangkan dengan securityu lain yang tentu saja seorang pria. 

Walapun harus belerja bersama denga rekan pria dalam satu ruang atau dalam satau tempat saya akan tetap menjaga diri denga baik dan tetap mandiri dan bertanggung jawab sesuai amanah yang telah dibebankan sebagai seorang petugas keamanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun