Mohon tunggu...
Umi Fitria
Umi Fitria Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary Me

Seorang Ibu, wanita, teman, partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. visit my blog on https://www.simpelmommy.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Masih Suka Ikut Arisan? Yuk Simak Pro dan Kontra dari Kegiatan Ngumpul yang Satu Ini

1 Desember 2022   10:00 Diperbarui: 1 Desember 2022   14:20 699
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi berkumpul| Photo by Diva Plavalaguna on Pexels

Arisan, mungkin kita sudah sangat familiar ya dengan kegiatan ini. Meskipun tidak terlibat secara langsung, namun setidaknya kita pernah menyaksikan orangtua kita, terutama ibu yang mungkin dulu juga anggota dan penggemar salah satu kegiatan ini, baik dalam lingkup keluarga besar, lingkup bertetetangga atau bahkan lingkup dalam dunia kerja. 

Arisan sendiri merupakan sebuah kegiatan berkumpul dan menabung bersama yang biasanya acara puncaknya adalah mengocok nama masing-masing peserta untuk mendapatkan sejumlah nominal uang yang harus disetor setiap bulan. 

Besaran atau nominal uangnya memang tidak ada yang baku, tergantung kesepakatan bersama dan durasi waktunya ya disesuaikan dengan jumlah anggotanya.

Arisan ini biasanya dilakukan sebulan sekali, meskipun terkadang ada saja pemikiran skeptis tentang kegiatan ini, namun tidak bisa dipungkiri bahwa peminatnya juga masih banyak sampai sekarang. 

Mendengar pro dan kontra tentang arisan ini memang sudah menjadi hal yang lumrah, namanya juga manusia dengan beragam karakter, tentu tidak semua sepakat dengan suatu hal. 

Saya pribadi juga pernah mengikuti kegiatan arisan antar teman di tempat kerja dulu, awalnya hanya iseng saja mencoba dan sekedar untuk fun saja, toh setorannya juga tidak terlalu memberatkan, namun semakin ke sini ternyata kegiatan arisan ini juga banyak drama juga ya, hehe. 

Meksipun tidak secara langsung mengalami, namun dari cerita dan pengalaman yang kita dapatkan, kita bisa menarik kesimpulan bahwa kegiatan arisan ini juga punya pros dan cons-nya loh.

Pros dan cons kegiatan arisan

Saking familiarnya kegiatan ini di budaya masyarakat kita, sampai-sampai dibuatlah film dengan judul yang sama, eitss tapi yang dibahas di sini bukan arisan yang itu ya, arisan yang dibahas di sini arisan sebagai mana biasanya yang kita kita kenal dan ikuti. 

Melakukan setoran sejumlah uang, berkumpul bersama dan diakhiri dengan acara puncak mengundi nama yang menjadi pemenang dan mendapatkan semua uang setoran anggota. Namun, apa iya arisan selalu menyenangkan? Yuk simak pro dan cons arisan yang mungkin relate dengan pengalaman prbadi kita:

Pros

1. Menjalin silaturahmi

Salah satu sisi positif kegiatan arisan adalah menjalin tali silaturahmi dengan sesama anggota karena dengan adanya kegiatan ini kita diharuskan untuk bertemu, berkumpul dan menjalin tatap muka dengan semua anggota arisan. 

Hal ini akan lebih berasa saat kita melakukan arisan dengan teman-teman yang sudah sangat lama tidak kita temui, seperti halnya teman SMA, teman kuliah dan lingkup pertemanan lainnya.

2. Memperluas network

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun