Mohon tunggu...
Umbu Robind
Umbu Robind Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Contoh Latar Belakang Hemat Energi Listrik

29 Mei 2017   10:51 Diperbarui: 29 Mei 2017   12:06 9695 0 0 Mohon Tunggu...

  • Latar Belakang

Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting dan tidak dapat dimusnahkan dan dilepaskan dari kebutuhan sehari-hari. Hampir semua pekerjaan manusia membutuhkan energi listrik. Kekurangan energi listrik dapat mengganggu aktivitas manusia juga. Untuk itu kesinambungan dan ketersediaan energi listrik harus dipertahankan. Di Indonesia sendiri kebutuhan energi listrik semakin meningkat karena dilihat dari pertumbuhan jumlah penduduk dan kemajuan informasi dan teknologi. Penggunaan tenaga listrik biasanya lebih banyak digunakan di gedung-gedung besar seperti gedung kantoran, pabrik, hotel, dan juga termasuk Universitas-universitas yang menggunakann energi listrik berkapasitas besar.

Peningkatan penggunaan energi listrik dapat dijadikan sebagai indikator  meningkatnya kemakmuran suatu masyarakat. Namujn jika penggunaan tenaga listrik yang sangat berlebihan juga dapat berdampak negatif  bagi kita sendiri atau masyarakat luas. Oleh karena itu kita harus melakukan penghematan energi listrik karena dapat keuntungan juga seperti hematnya biaya, meningkatkan nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan hidup.

Dari hal diatas kelompok melihat bagaimana di Universitas Atmajaya khususnya di gedung 4 Fisip  dalam melakukan penghematan energi listrik. Kelompok melihat masih banyak terjadi hal-hal pemborosan tenaga listrik, contohnya seperti lampu-lampu di kampus gedung 4 Fisip Atmajaya  yang digunakan atau dinyalakan tidak sesuai dengan kebutuhan. Dikelas pada saat jam perkuliahan pada siang hari semua lampu ruangan dinyalakan padahal jika dinyalakan satu lampu sudah mencukupi kebutuhan dalam perkuliahan pada siang hari ditambah juga adanya jendela, namun jendela tidak di fungsikan semestinya yaitu untuk membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan.

Untuk itu kelompok ingin melakukan kampanye hemat energi listrik di kampus 4 Fisip Universitas Atmajaya agar khalayak lebih mengenal lebih ditail lagi tentang pentingnya menghemat energi listrik, karena semakin banyak energi yang kita keluarkan maka semakin banyak pengeluaran atau biaya yang harus dikeluarkan. Dan juga agar kita sadar akan menghemat energi listrik juga dapat menyelamatkan bumi dari global warming.

  • Nama Kegiatan
  • “Kampanye penghematan energi listrik lampu di kampus 4 Fisip Univrsitas Atmajaya Yogyakarta”

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x