Mohon tunggu...
Ulul Choiriyah
Ulul Choiriyah Mohon Tunggu... Lainnya - universitas diponegoro

saya mahasiswa undip jurusan biologi hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Ciptakan Produk Unggulan Desa, TIM KKN II UNDIP Berikan Pelatihan Ekonomi Kreatif Sambal Wur dan Bawang Putih Bubuk

7 Agustus 2022   23:13 Diperbarui: 13 Agustus 2022   22:44 64 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Temanggung (05/08/2022), TIM II KKN UNDIP di Desa Canggal melakukan Sosialisasi Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Lokal. Sosialisasi ini diikuti oleh 20 ibu-ibu Desa Canggal. Sosialisasi berlangsung selama 2 jam dari pukul 15.00-17.00 WIB yang bertempat di salah satu rumah warga Dusun Canggal Bulu. Kegiatan ini merupakan salah satu program multidisiplin yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan masyarakat dalam mengelola hasil pertanian menjadi produk jadi yang bernilai jual tinggi.

Komoditas desa Canggal identik dengan sayur mayur seperti kubis, kacang, wortel, cabai, bawang putih, dan tembakau. Naik turunnya harga sayur mayur sangat meresahkan petani Desa Canggal. Bila harga anjlok, petani rugi bahkan hasil pertanian tak laku di pasaran. Sebagai alternatif, TIM II KKN UNDIP mengadakan sosialisasi dan pelatihan ekonomi kreatif Produk Sambal Wur dan Bawang Putih Bubuk sebagai salah satu produk unggulan desa. Cabai dan bawang putih yang melimpah menjadi peluang usaha yang bisa dikembangkan menjadi produk jadi. Ditambah cabai kualitas super  yang pedas dan bawang putih yang harum menjadi daya tarik tersendiri.

Cara membuat Sambal Wur dengan mengeringkan cabai hingga keras kemudian di blender hingga menjadi bubuk. Bubuk cabai kemudian ditambahkan garam dan penyedap rasa. Langkah terakhir kemas dengan standing pouch yang sudah ditempel label agar lebih menarik. Cara membuat bawang putih bubuk dengan mengiris tipis bawang kemudian dioven hingga keras dan kering. bawang yang sudah kering di blender hingga menjadi bubuk. Langkah terakhir masukkan bubuk bawang ke dalam kemasan. Ibu-ibu sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan tertarik dengan produk yang diinovasikan. Harapan dari kegiatan ini dapat menjadi pendorong masyarakat untuk berinovasi mengembangkan hasil pertanian menjadi produk jadi sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyakat desa Canggal. 

DPL: Ir. Sulistyo, M. T., Ph. D.

Lokasi KKN: Desa Canggal Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan