Mohon tunggu...
dzacky auliadieza
dzacky auliadieza Mohon Tunggu... saya suka menulis ^_^

silahkan membaca dengan baik

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cara Mengatasi Insomnia

20 November 2019   08:37 Diperbarui: 20 November 2019   08:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

Insomnia merupakan sebuah gangguan atau penyakit di mana seseorang merasa sulit untuk tidur dangan baik. Kondisi ini memberikan efek lelah berkepanjangan karena keadaan tidur yang mengalami keterpaksaan disebabkan oleh beberapa masalah. Maka dari itu, apabila terkena insomnia, baiknya anda menyimak artikel ini. Berikut adalah cara mengatasi gangguan insomnia:

Kurangi penggunaan kafein dan beralkohol: kafein dan beralkohol merupakan zat yang menyebabkan efek stimulant di mana hal tersebut mengkatkan kerja jantung. Dengan meningkatnya kerja jantung, hal tersebut menyebabkan menibulkan rasa waspada dan terjaga sehingga hal ini menyebabkan seseorang sulit untuk tidur

Lakukan istirahat dalam jangka pende: Hal yang dilakukan yaitu beristirahat setiap 3 jam dengan cara mengibur diri anda. Tidak perlu berlama-lama, cukup 5-10 menit mendengarkan lagu atau melihat pepohonan menyebabkan efek relaksasi  sehingga hal tersebut memberikan tubuh sebuah siasat istirhat yang baik.

Menjaga pola makan: Melalui pola makan, insomnia dapat diatasi dengan cara makan tepat waktu dan tidak berlebihan. Ketahuilah jam makan yang baik dan hindari makan malam karena makan di atas waktu jam 8 dapat memaksa kerja tubuh untuk terus bekerja. Selain itu, makan dengan kadar yang cukup dapat memberikan keringanan tubuh untuk bekerja.

Konsumsi buah-buahan kaya melatonin: Melalui konsumsi buah kaya melatonin memungkinkan anda tidur nyenyak karena efek relaksasi yang diberikan oleh buah. Hormon melatonin merupakan hormon yang berperan dalam pengaturan tidur seseorang. Contoh buah yang dapat dikonsumsi adalah kiwi dan ceri. Riset menunjukan bahwa yang mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu menunjukkan peningkatan efisiensi, kualitas dan kuantitas tidur.

Minum segelas susu hangat: Menurut Aldy, dalam susu terdapat kandungan triptopan yang memberikan efek positif terhadap tidur. Triptopan dapat memabantu memberikan perasaan tenang dan nyaman

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x