Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

7 Cara Cepat Menjaring Pembaca

8 Juni 2021   20:53 Diperbarui: 8 Juni 2021   21:02 311 10 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Cara Cepat Menjaring Pembaca
Cara Cepat Menjaring Pembaca, by Ulihape

Menulis artikel di blog itu mudah, namun menjaring pembaca untuk artikel yang kita tulis memang butuh cara dan triks khusus. Bahkan media online kerap menggunakan judul yang kadang nggak nyambung dengan isi hanya sekedar untuk menjaring pembaca, cara ini kerap disebut dengan clikcbait. Aku pribadi punya cara sederhana untuk menjaring pembaca, memang agak melelahkan tapi ini termasuk cara cepat untuk mendapatkan banyak pembaca pada artikel yang aku tulis.

Beberapa teman blogger juga kerap memintaku untuk sharing cara menjaring pembaca, dan beberapa kali aku share di grup whatsapp. Cara cepat ini aku sebut dengan "cara bodoh-bodoh" sebuah ungkapan yang sering aku gunakan untuk tips tanpa didasari sebuah penelitian haha. 

Aku suka mencoba cara-cara sederhana karena memang aku nggak menguasai penulisan SEO, pemahamanku artikel SEO itu kurang menarik karena merangkai kata menggunakan keyword berulang membuat aku menulis jadi tak nyaman. 

Namun demikian aku pernah mencoba menulis satu artikel menggunakan keyword berulang dan memang betul dalam beberapa jam aku menjaring 900 pembaca dan agak wow juga melihatnya. Namun aku nggak sreg dengan artikelnya karena rasanya aku hanya membaca keyword terlalu banyak. Tapi ada beberapa teman blogger yang aku kenal menulis artikel SEO sangat baik, rangkaian kalimat yang mengandung keyword itu ditulis dengan sempurna tanpa aku bosan membacanya.

Sharing di grup WA, dokpri
Sharing di grup WA, dokpri

Karena aku lemah menulis SEO akhirnya aku mencoba cara 'bodoh' untuk menjaring pembaca, cara bodoh ini agak melelahkan dan berisiko namun mampu memenuhi target jumlah pembaca apabila klien membutuhkan.

7 Cara Cepat Menjaring Pembaca

Share Link Artikel di Sosial Media

Cara cepat menjaring pembaca yang aku lakukan pertama kali setelah menulis artikel adalah membagikan link tulisan ke semua channel sosial media yang aku punya. 

Masing-masing sosial media punya cara unik, jadi bukan hanya sekedar share link. Untuk twitter biasanya aku membagikan link dengan memberikan hestek trending topic hari itu, lalu aku akan mengklik apa yang menjadi trending topic kemudian aku cari thread yang paling ramai impressionnya dan aku reply di thread tersebut dengan kata pengantar yang bisa memancing orang untuk mengklik link artikel. 

Untuk Facebook biasanya aku membuat cerita singkat terkait artikel diakhiri dengan bertanya "kalau kalian gimana?" atau kalimat tanya lainnya yang memancing pembaca untuk komentar dan klik link tersebut. Aku juga kerap membagikan tulisan di Linkedin dan menurutku lumayan banget hasilnya, entah karena di sana jarang berbagi tulisan sehingga orang tertarik membaca lewat linkedin.

Share di Linkedin, dokpri
Share di Linkedin, dokpri

Share di Grup Whatsapp

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN