Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ketika Kau Hadir (Season 3: Konsultasi Awal Kehamilan)

28 Desember 2012   04:41 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:55 7102 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Kau Hadir (Season 3: Konsultasi Awal Kehamilan)
13566695998345656

28 Desember 2012, hari ini usia baby boy (inshaaallah) memasuki minggu ke 22, diseason 3 kali ini ingin menceritakan bagaimana pertama kalinya aku dan suami menemui Dokter Kandungan.********************************************************************************************* [caption id="attachment_231910" align="aligncenter" width="500" caption="*google"][/caption] Dengan mempertimbangkan kenyamananku maka akhirnya suami setuju untuk memilih seorang Dokter Kandungan Pria. Dari beberapa daftar nama yang tertera maka kami memilih nama berbau Jawa, udah yang jawa aja ujarku, suamipun menggangguk. Kamipun melakukan registrasi dan mengantri, sembari menunggu giliran bertemu dokter maka ada perawat yang memeriksaku, pemeriksaan biasa saja timbang berat badan dan mengukur tekanan darah lalu kemudian menanyakan kapan jadwal aku mendapat menstruasi terakhir, hari terkahirnya sus?tanyaku? :bukan tapi hari pertama kali ibu dapat dibulan terakhir, ohh itu tanggal 8 Juli 2012 sus, persis dihari pernikahan saya. Woooww... tokcer donk kata perawatnya "alhamdulillah sus" jawabku. Ada keluhan apa tanya lagi ? "kok saya sejak melakukan ML jadi susah BAB ya sus?" OK nanti bisa ditanyakan langsung sama dokternya ya bu. Akupun kembali keruang tunggu dan mulai merasa bosan, dokter kandungan yang satunya lagi sudah menangani pasien di nomor urut 12 sedangkan aku yang nomor 5 belum juga mendapat giliran. Ini pasiennya dokter yang banyak masalah, apa dokternya yang asik diajak ngobrol ya ?? Finally Ny. Uli Hartati, suara dari dalam ruang praktek dokter memanggil. Aku dan suami melangkah sambil membayangkan seorang dokter berperawakan orang Jawa sesuai namanya, alhasil pintu terbuka dan sapaan lembut dari dokter "hallo bapak dan ibu, silahkan duduk". Aku dan suami langsung senyum melihat sang dokter ternyata cuman minjam nama Jawa aja , kulitnya putih bak lobak, kacamata menempel melorot dibatang hidung, berusia sekitar 40an, lumayan gempal dan mirip boboho ternyata dokter kandungan bersuku tiongha. Diapun melihat catatan yang dibuat perawat diluar tadi, ohh baru kali ini telat haid bu ? Iya dok jawabku, harusnya saya sudah mendapatkan menstruasi saat ini jadi karena telat saya sudah melakukan testpack dan hasilnya garis dua dok a.k.a positif, Hmmm begitu ya kalo dilihat dari tanggal menstruasi bila benar ibu hamil maka usia kandungan ibu baru masuk usia 4 minggu. Hah?masak usia pernikahan saya aja baru 4 minggu?masak iya kandungan saya usianya 4 minggu juga dok?wong menstruasinya aja 8 Juli, bersihnya tanggal 13 Juli dan ditanggal itulah saya baru melakukan ML dok. Iya bu perhitungannya memang begitu, saya ambil awal ibu mendapatkan menstruasi jadi perhitungan kita adalah 4 minggu dari 40 minggu usia kehamilan. Ohhh saya kira ngitungnya 36 minggu usia kehamilan :D. Jadi saya ucapkan selamat ya, kemungkinan besar memang ibu sedang hamil, sekarang begini kalau saya periksa dengan USG pasti belum keliatan ya bu jadi hari ini kita konsultasi saja. Bapak dan ibu silahkan bertanya apa saja nanti saya jelaskan. Perkataan sang dokter langsung buat saya jatuh cinta ahh aku gak salah milih dokter nih, dia tidak memaksakan untuk melakukan USG padahal sebelumnya aku sudah mendatangi sebuah RS dan saat melakukan registrasi aku sudah harus membayar biaya USG padahal ketemu dokter saja belum, ehmmm dokternya/RS gak matre nih klop lah kalo begitu. Aku dan suami saling pandang, sok atuh a kalau ada yang mau ditanyakan ucapku kepada suami, gini dok saya mau tanya kalau sudah hamil begini bagaimana nasib hubungan seksual kami ? Melotot aku menatap suamiku, waduuuhhh kok yo nanyanya yang itu ~_~ maluuuuuuu... dokternya senyum seolah mengerti keadaan suami yang belum sebulan lebih mengecap indahnya memiliki istri (apalagi istrinya ituh akuh hehehehe) begini ya pak saya ini khatolik jadi saya sebagai dokter tidak akan melarang bapak melakukan hubungan intim, hanya saja agar dilakukan secara pelan-pelan dan tolong gunakan pengaman/kondom. Hah? pertama kalinya aku harus berhadapan dengan kondom nih batinku, baiklah begini saja pak saya akan beritahu apa yang boleh dan tidak boleh selama istri dalam kondisi hamil muda (1-14 minggu), kamipun menggangguk karena disuruh bertanya masih bingung mau tanya apa.. Beberapa nasehat dibawah ini adalah pengalaman pribadi saya dengan dokter kandungan saya, sehingga bila ada hal yang tidak sesuai dengan pengalaman teman-teman maka hal tersebut bukan untuk didebatkan melainkan ini hanyalah sebuah bentuk sharing dari apa yang saya alami sendiri. 1.Usia Rentan kehamilan (Hamil muda) Menurut dokter kandungan kami usia rentan kehamilan adalah saat usia 1 sampai 14 minggu. Pada usia kehamilan ini maka diharapkan ibu bisa lebih berhati-hati, berjalanlah sedikit lebih lambat dari yang biasanya, kurangi mengangkat beban meskipun anda masih sanggup cukup diingat bahwa anda sedang hamil. 2. Keguguran Keguguran yang terjadi dalam usia kandungan 1-14 minggu itu bukanlah suatu kesalahan dari perbuatan ibu/ayah. Keguguran yang terjadi direntang usia tersebut menunjukkan bahwa dari awal calon bayi tersebut memang sudah tidak sehat, jadi dokter kami menyarankan agar bila hal tersebut terjadi jangan dijadikan sebuah permasalahan. Lain hal bila keguguran terjadi di trisemester kedua maka itu bisa disebabkan banyak hal salah satunya kelalaian orang tua calon bayi tersebut. 3. Mual/Morning Sickness. Apakah ibu mual? iya dok tapi tidak parah hanya sekali saja biasanya jam 6 pagi. Bersukurlah dengan rasa mual yang ibu alami, saya tidak pernah memberikan obat anti mual kepada pasien saya (ehhmm benarkan gak matre batinku). Mual adalah salah satu keindahan yang dialami ibu hamil, ingatlah bu ketika ibu merasakan mual itu artinya baby ibu available, dan ibu harus curiga bila tidak mengalami mual dimana cuman ada kemungkinan yaitu baby ibu tidak available atau memang ibu sangat kuat/tahan terhadap peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Jadi cukup dinikmati saja ya bu, paling mualnya juga akan hilang ketika memasuki trisemester kedua. Trus apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi mual dok?karena saya berangkat kerja menggunakan bis khawatir mengganggu penumpang lainnya. ohh cukup isap permen jahe saja ya bu, kalo mualnya hilang permennya langsung dibuang saja jangan dihabiskan, tapi kalo ibu suka ya habiskan. Dan faktor psikologis juga harus jalan ya bu biar ibu semangat ngadapin mualnya ingat saja semakin ibu mual maka ibu memiliki resiko keguguran yang amat kecil hal ini karena produksi hormon progesteron untuk bayi ibu banyak. Oh ya mual ini gak selamanya dipagi hari ya bu? mentang-mentang judulnya "morning sickness" hehehe ada yang mengalaminya ketika siang, sore ataupun malam hari dan lamanya juga tergantung masing-masing orang ada yang sampe 9 bulan mual terus, ada yang cuman sebulan kurang. Ohhh baiklah dok, alhamdulillah ya nak mami mual and that's mean you are available for us. 4. Sakit Kepala/Badan Demam Pada kehamilan anak pertama Ibu jangan kaget ya bila tiba-tiba mengalami sakit kepala yang berat bahkan mau pecah, itu biasa saja ya bu jangan sampe meminum sembarang obat ya. Adanya janin dan perubahan hormon juga akan menyebabkan suhu badan ibu meningkat mendadak seperti orangs edang demam. oh ya dok memang saya sempat mengalami panas tinggi cuman kata mamak saya itu biasa makanya saya gak minum obat apapun. Iya bu suhu yang meningkat itu menunjukkan bahwa pembuahan sedang terjadi. kadang kala disaat suburpun suhu badan ibu akan lebih tinggi dan kondisi ini sebagai petunjuk bahwa ibu dalam masa subur. Siipplah dok...demam, sakit kepala go ahead ..sing penting anak mami sehat. 5. Hubungan intim Tidak ada larangan dalam melakukan hubungan intim, hanya saja saya sarankan untuk lebih hati-hati dengan gerakan, gerakannya diperlambat saja ya pak, santai-santai saja dan ingat harus gunakan pengaman. Waahh gak seru donk dok ? Mau seru atau mau anak ? Anak donk dok..nah kenapa harus menggunakan pengaman ? Saat ini kondisi istri bapak pasti gairah seksualnya sedang menurun. ahh gak kok dok jawabku, wong belum sebulan malah saya lagi hot-hotnya nih. Ohh gitu hahahahah dokternya tertawa, okelah ibunya dalam kondisi bergairah terus tapi pasti ada perubahan dimiss V pembuluh darah akan mulai membesar sehingga ibu akan sedikit mengalami kesakitan ketika harus berhubungan, jadi dengan menggunakan pengaman maka pelumas yang ada pada pengaman akan membantu, dan yang utama adalah cairan sperma tidak masuk kerahim lagi. Pada usia rentan ini cairan sperma justru tidak baik bagi janin ibu/bapak, bahkan seandainya ibu berselingkuh (aku langsung ketok mejanya 3x tok..tok..tok amit-amit deh dok) dan ada sperma lain yang masuk maka saya pastikan janin ibu akan rontok atau minimal cacat bu. Ohh gitu, trus kenapa dok sperma gak bagus buat janin saya disaat trisemester pertama ini ? Begini pak, sperma itu mengandung hormon prostaglandin (kalau aku gak salah dengar :D) nah hormon ini biasanya ditrisemester awal akan memicu kontraksi pada rahim dan efek terburuk adalah akan terjadi pendarahan pak nah gunakan pengaman dengan sangat saya mohon ya, soalnya banyak pasien saya yang pendarahan diaawal kehamilan hanya gara - gara bilang "pakai kondom gak enak dok" Tapi lain hal lagi pak ketika usia kehamilan istri sudah trismester akhir maka cairan sperma justru akan membantu membuka jalan lahir, pada usia kehamilan ini sering-sering masuk gak papa...hehehee..ok dok sahutku, enak gak enak yang penting selamat ya nak... 6. Posisi tidur Dok kalau posisi tidur bagaimana? ohh sampai usia kehamilan 16 minggu ibu masih bisa telungkup. Pokoknya masalah posisi tidur ambil saja mana yang nyaman buat ibu, nanti juga ibu akan menemukan posisi ternyaman. Cuman secara teori bagusnya tidurnya ngadap kiri bu, posisi ini membuat janin lebih mudah mendapatkan aliran darah dan nutrisi ke plasenta janin dan bahkan bisa mengurangi bengak pada kaki ibu nantinya. waahh dok saya susah nih tidur ngadap kiri...ya udah bu gak apa-apa yang penting matanya merem pas tidur ya hehhehee...siiplah dok 7. Makanan Yang dilarang untuk makanan saya melarang ibu mengkonsumsi ikan laut yang berpotensi memiliki mercuri tinggi ya. misalnya dok ? Ikan laut yang mulutnya seperti pedang, kerang, ikan sarden, ikan hiu dan ikan pari. Untuk buah nenas dan durian jangan ya bu, kemudian usahakan yang dimakans emuanya dalam keadaaan matang dan bersih ya bu tapi tidak harus mahal. ketoprak, gado-gado dan karedok usahakan jangan dimakan dulu ya karena kacangnya suka gak bersih bu. Baiklah dok..tapi dok seminggu sebelum tahu hamil saya sudah makan kerang gimana donk? ohh biasanyakan kalau kita belum tahu gak papa ya bu jadi tenang saja. Siipp dok.. 8. Boleh tidak makan yang pedas ? Kalau ibu biasa makan pedas gak papa bu, tapi usahakan jangan terlalu pedas, bukan karena seperti mitos ya bu yang bilang kulit bayinya nanti bercak merah ataupun akan mudah keguguran. Makanan yang pedas biasanya cenderung membuat ibu akan susah BAB atau mengalami sembelit. Deal? deal dok.. 9. Minum Air Es buat baby jadi gede ya dok ? Itu mitos saja bu. Selama ibu mengkonsusmsi air es tanpa perasa maka bayi ibu tidak akan membesar. yang membuat besar itu adalah kadar gula yang tinggi. misalanya ibu meminum air es dicampur sirup, atau minuman sachet lainnya , nah kadar gula yang tinggi inilah yang membuat janin membesar bahkan memiliki kecenderungan akan terkena diabetes. atau efek terburuk adalah perpaduan aasap rokok dan minuman/makanan manis-manis bisa membuat janin terkena autis atau hiperaktif. Jadi usahakan ya bu menggunakan masker ketika berada dikeramaian. Ok dok saya janji, akhirnya saya beli masker yang lucu-lucu mumpung lagi trend juga..ehhh alhasil nafas saya jadi sesak , rasanya pengap..maafkan mami ya nak..mami gak betah menggunakan masker, semoga baby mami sehat-sehat ya nak..aamiin ya rab. 10. Perlukah Suplemen ? Untuk usia kehamilan 1-14 minggu sebenarnya belum diperlukan suplemen, hanya saja bila ibu tidak yakin dengan pola makan ibu maka tahap awal ini saya hanya beri vitamin ya bu, vitamin yang mengandung asam folat. Dan hal ini bisa ibu temukan pada makanan ibu sehari-hari seperti sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan dan buah seperti pisang. 11. Bagaimana dengan susu hamil dok ? Saya kasih tahu ya bu hanya diindonesia atau Asia yang laku susu hamil. Kalau ibu ke negara-negara maju maka negaranya mengatur sangat ketat tentang penjualan susu untuk ibu hamil dan bayi. Saran saya ibu tak perlu minum susu hamil, selain memang prosesnya yang sudah menghilangkan banyak kandungan saya yakin manfaatnya dengan segala kandungan yang diiklankan tidaklah benar. Perlu ibu ketahui otak janin itu selama dirahim memang hanya berkembang 75% saja, jadi mau disuplai macam-macam juga hanya segitu perkembangannya, malah kasihan bu otak janin bisa mengkerut bila dipaksa dengan macam-macam hal yang belum diperlukan. Susu itu hanya diperlukan dalam hal kalsium sementara kalsium bisa ibu peroleh dari banyak makanan seperti ikan teri, kuaci yang dari labu atau banyak buah-buahan. Kalaupun ibu khawatir kalsium ibu digerogoti nanti saja saya kasih suplemen pada usia kehamilan diatas 14 minggu ya. Akhirnya hatiku makin mantaf dengan dokter ini, benarkaan gak matre batinku lagii, akhirnya akupun mencoba mencari beberapa artikel ehh ternyata benar juga buat para mommy's bica dibaca disini ya . 12. Kenapa ya dok kok tulang ekor saya (bokong) rasanya sekarang agak sakit ? Ohh itu biasa bu, karena rahim ibu sedang meregang maka ada otot-otot yang berhubungan dengan bokong ketarik inilah yang membuat rasa sakit. Nanti diusia 16 minggu yang sakit buakn dibokong lagi bu tapi kearah selangkangan, sudah ya bu dinikmati saja...banyakloh yang susah dapat anak..Iya dok..terus boleh gak dipijat dok ? Ohh boleh saja, bapak pijat yang pelan-pelan saja dibokokng ibu ya, jangan pijat bagian perut saja. Malah kalau ibu mau refleksi juga boleh ya bu.. Baeklah dok...terima kasih eheemm  hampir 50 menit kami berada didalam ruang prakteknya, dokternya santai saja tidak terburu-buru..ahhh puas rasanya..dan sebelum kami pamit sang dokter memberikan pin BB, no HP dan no Rumahnya silahkan hubungi saya bu kapan saja bila ibu mengalami masalah kehamilan. ohh terima kasih dok. Rasanya bersyukur banget ketika kita menemukan dokter yang pas, dan ketika harus membayar ternyata harganya masih standardlah, biaya konsultasi dokter spesialis 135 ribu, untuk USG 2 dimensi 75ribu tanpa cetak, dan vitamin untuk sebulan hanya dikenakan biaya 24.800 rupiah..aahhh ternyata kelihatan mahal tapi tidak, terlepas RS ini punya misi apa yang pasti sebagai salah satu pasiennya saya merasa sangat puas.. ==================================== Konsultasi selama kehamilan usia 1-12 minggu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x