Mohon tunggu...
Ulan Hernawan
Ulan Hernawan Mohon Tunggu... Guru - I'm a teacher, a softball player..

Mari berbagi ilmu. Ayo, menginspirasi!

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Borobudur International Slowpitch Tournament 2022

7 Agustus 2022   22:10 Diperbarui: 8 Agustus 2022   09:45 651 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(dok.pri.partha) Penyelenggaraan Partha Anniversary sebelumnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Turnamen sofbal dan slowpitch.

Kabar baik untuk para pecinta olahraga sofbol dan bisbol seluruh Indonesia  bahwasanya akan diselenggarakan turnamen Slowpitch antar perkumpulan di kawasan Candi Borobudur pada tanggal 15 sampai dengan 18 September 2022 mendatang. Penyelenggara turnamen ini adalah Klub Softball-Baseball Partha dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Borobudur International Slowpitch Tournament (BIST) ini mengundang 16 perkumpulan dari seluruh Indonesia dengan perkiraan jumlah atlit yang bertanding sekitar 400 pemain. Adapun lokasi kejuaraan akan berlangsung di Lapangan Kujon, Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Slowpitch adalah permainan sofbol yang telah dimodifikasi pada beberapa hal diantaranya adalah lemparan utama yang dilempar oleh pitcher melambung dan pelan sehingga lebih mudah dipukul dibandingkan dengan lemparan sofbol yang lebih kencang dan sulit untuk dipukul. 

Olahraga slowpitch ini semakin berkembang dan akhir-akhir ini lebih banyak turnamennya di Indonesia, terutama di Jakarta. Olahraga ini lebih mudah dimainkan oleh orang awam, bersifat rekreasi, tidak dibatasi umur dan gender. Di Indonesia, slowpitch populer dimainkan oleh komunitas, korporasi dan sosial dalam bentuk kompetisi.

(dok.pri.) Partha Club saat juara di SEA Slowpitch Tournament 2019 di Jakarta
(dok.pri.) Partha Club saat juara di SEA Slowpitch Tournament 2019 di Jakarta

Dalam kesempatan ini, Klub Partha yang pernah menjuarai beberapa turnamen slowpitch diantaranya adalah South East Asean Slowpitch Tournament 2019 dan Homeplate Slowpitch Tournament 2021 akan menjadi tuan rumah BIST 2022 sebagai bagian dari rangkaian acara ulang tahun Partha ke-43 tahun. Ini adalah kali pertama Klub Partha menyelenggarakan turnamen khusus slowpitch dengan brand Partha Anniversary. Di tahun sebelumnya Partha Anniversary selalu mempertandingkan kompetisi sofbol fastpitch men and women dan slowpitch tingkat nasional maupun internasional.

Mengapa Borobudur?

Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar dan memiliki relief terpanjang yang dibangun sekitar abad ke 8 Masehi. Kemagisan Borobudur diakui UNESCO sebagai World Cultural Heritage. Borobudur juga menawarkan destinasi wisata yang menarik karena letaknya yang dekat dengan Bukit Menoreh, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

Klub Partha ingin mengambil peran untuk recovery masyarakat Borobudur melalui Borobudur International Slowpitch Tournament (BIST) 2022 sebagai kontribusi dalam menghidupkan kembali pariwisata dan roda ekonomi wilayah sekitar Borobudur  dalam proses berakhirnya pandemi karena Covid-19.

Rangkaian kegiatan BIST ini turut mengundang UMKM sekitar Borobudur, DIY dan Jawa Tengah untuk berpartisipasi membuka bazar selama kegiatan berlangsung. Adapun kegiatan lain yang tengah direncanakan selain bazar UMKM adalah kegiatan sepeda santai dan pelepasan bibit ikan atau penanaman pohon di sekitar kawasan candi Borobudur. Beberapa sponsorship juga akan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan