Mohon tunggu...
Ofi Sofyan Gumelar
Ofi Sofyan Gumelar Mohon Tunggu... ASN | Warga Kota | Penikmat dan rangkai Kata

Today Reader Tomorrow Leader

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Memahami Compound Interest dan Cara Kerjanya

9 Maret 2021   10:57 Diperbarui: 9 Maret 2021   13:34 122 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Compound Interest dan Cara Kerjanya
Investasi Sudah Menjadi Kebutuhan Saat Ini (Sumber: www.freepik.com)

Bagi Para investor saham, memahami compound interest merupakan salah satu kewajiban. Hal tersebut dilakukan karena compound interest akan selalu mengalikan hasil investasi yang kita miliki. Ibaratkan bola salju, compound interest akan terus menerus melipatgandakan modal yang dimiliki para investor ketika mereka menanamkan modal pada sebuah saham.

Dengan compound interest, Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang singkat. Sistem compound interest memperbolehkan Anda untuk mendapatkan uang dari hasil bunga yang Anda dapatkan. Berbeda dengan bunga tunggal yang hanya akan didapat di satu waktu saja, compound interest menambahkan jumlah bunga untuk perhitungan selanjutnya.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih dalam lagi terkait dengan compound interest dan manfaatnya dalam dunia saham? Jika ya, Anda bisa membaca artikel di bawah ini untuk lebih mengerti tentang compound interest dan cara kerjanya.

Memahami Compound Interest Beserta Definisinya

Compound interest merupakan salah satu jenis bunga atau interest dalam dunia ekonomi. Albert Einstein sendiri menyebut compound interest sebagai keajaiban dunia ke-8. Hal tersebut dikatakan karena compound interest berbeda dengan bunga pada umumnya.

Jika single interest dapat memberikan keuntungan tunggal, maka compound interest memberikan keuntungan 2 kali lipat dari single interest. Maka dari itu, orang-orang yang bergelut di dunia saham atau ekonomi sering menyebut compound interest sebagai bunga yang berbunga. Karena seperti penjelasan sebelumnya, compound interest menyatukan keuntungan sebelumnya.

Misalnya, Anda menanam modal sebesar Rp 1.000.000. Dalam satu tahun, bunga yang Anda dapatkan sebesar 5%. Maka keuntungan yang Anda dapatkan adalah sebesar Rp 50.000. Jika menggunakan bunga tunggal atau single interest, Rp 50.000 yang Anda dapatkan tidak diikutsertakan dalam perhitungan berikutnya.

Namun, jika menggunakan perhitungan compound interest, modal yang semula hanya Rp 1.000.000 akan menjadi Rp 1.050.000. Sehingga, jika Anda menanamkan modal Anda kembali, maka keuntungan yang Anda dapatkan di tahun selanjutnya berjumlah Rp 52.500. Keuntungan tersebut kemudian ditambahkan lagi sampai Anda memutuskan untuk mengambil modal.

Kamu juga dapat melakukan perhitungan compound interest, menggunakan calculator compound interest yang tersedia di berbagai website, salah satunya  di www.investbro.id

Dengan perhitungan bunga yang eksponensial tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dari biasanya. Melakukan investasi dengan compound interest sama seperti menambah modal, namun Anda tidak melakukannya. Di sinilah letak keuntungan yang ditawarkan dalam sistem compound interest.

Mau belajar seluk beluk investasi? bisa di investbro.id (sumber: www.investbro.id)
Mau belajar seluk beluk investasi? bisa di investbro.id (sumber: www.investbro.id)
Cara Kerja Compound Interest

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x