Mohon tunggu...
Bujang
Bujang Mohon Tunggu... Melihat Dari Sudut Pandang Lain

Penulis Sejati

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Pilihan

Mualim: Kolaborasi Legislator-Eksekutor

19 Oktober 2020   10:50 Diperbarui: 19 Oktober 2020   10:59 101 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mualim: Kolaborasi Legislator-Eksekutor
sumber: Facebook Ir. Mulyadi

Kolaborasi. Istilah yang tidak berdiri sendiri, tetapi sebagai kesatuan. Geraknya berbeda tetapi tujuannya sama. Pergerakan yang membagi fungsi, keahlian, dan peran.

Lewat kolaborasi, perubahan, karya, dan inovasi  terbentuk. Siapa yang tidak kenal dengan Bill Gates, pendiri Microsoft yang selalu jadi perbincangan---baik karena teknologi dan inovasi yang dilakukannya---meskipun kekayaan yang tidak akan habis beberapa puluh generasi.

Dibalik suksesnya Microsoft tak banyak yang tahu, dibelakannya ada Paul Allen, yang membantu Gates merencanakan, merancang, dan mengelola sistem yang saat ini  masuk ke rumah, kantor, sekolah, dan organisasi dunia. Allen menjadi orang dibelakang layar yang membantu Gates menyukseskan microsoft.

Dalam sejarah kenabiaan. Sejarah Musa-Harun dalam menumpas kezaliman Fir'aun contoh kolaborasi. Ketika Musa kecil hidup dengan Fir'aun. Kehawatiran Fir'aun terhadap Musa menjadikannya diuji oleh dua pilihan: bara api dan roti. 

Jika Musa memilih roti maka ia adalah bayi yang cerdas, maka berpotensi meruntuhkan kerajaannya. Tetapi, jika Musa memilih bara api, Musa dianggab sebagai bayi yang tidak tahu apa-apa. Dengan izin Allah Musa diarahkan untuk memakan "bara api", sehingga sampai dewasa menyebabkan ucapannnya tidak fasih.

Kehadiran Harun disamping Musa. Memikat hati masyarakat mesir. Kepandaiannya berbicara membantu Musa untuk menyebarkan dakwahnya. Musa-Harun adalah kolaborasi melawan kekuasaan yang zhalim dan pergerakan nabi untuk misi KeEsaan Tuhan.

Dalam sejarah politik Indonesia. Kolaborasi Soekarno-Hatta sejak pergerakan Indonesia merupakan yang fenomenal. Kedua tokoh ini dikenal dengan Dwi Tunggal. 

Kolaborasi seorang Solidarty Maker dan Administrator. Soekarno orator yang memikat publik dengan pidatonya. Sedangkan, Hatta mengelola administrasi kenegaraan dengan hati-hati.

Pasca-reformasi Indonesia. Kolaborasi SBY-JK contoh dwitunggal yang menarik jadi rujukan. Ketika Jusuf Kalla bergerak dengan cepat, maka SBY lah remnya.  

Kehati-hatian SBY diperlukan, tetapi kecepatan JK dibutuhkan. Makanya, JK lebih dominan mengurusi persoalan ekonomi sedangkan SBY berurusan dengan politik, keamanan, dan luar negeri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x